495 Peserta Sudahi Kompetisi pada Kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Nasional 2015  09 Juni 2015  ← Back

Medan, Kemendikbud --- 495 peserta selesai mengikuti kegiatan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) yang dilaksanakan sejak tanggal 3 Juni 2015, di Medan, Sumatera Utara. Ajang apresiasi dan kompetisi ini secara resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Senin (08/06/2015) malam.

“Dengan mengucapkan Alhamdullilah, maka kegiatan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi tahun 2015 dinyatakan secara resmi ditutup,” demikian disampaikan Mendikbud pada penutupan acara yang ditandai dengan pemukulan gong.

Mendikbud berharap pengalaman para peserta selama penyelenggaraan lomba dapat jadikan sebagai salah satu awal untuk merajut ikatan kebangsaan. Ia pun mengajak kepada para peserta untuk menceritakan kepada anak didik tentang berbagi pengalaman  antar saudara sebangsa yang hadir pada acara perlombaan ini. “Kita harus membuat anak-anak kita memiliki rasa keindonesiaan, dan itu dapat dibangun melalui rasa cinta yang ada dalam diri kita. Cerita-cerita kitalah yang dapat membangun rasa keindonesiaan itu,” jelas Mendikbud.

Mendikbud mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi Sumatera Utara dan segenap jajarannya atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Posisi provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah acara apresiasi, kata Mendikbud, memperlihatkan dan menegaskan komitmen Sumatera Utara untuk pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal sudah sangat baik.

Plt. Direktur Jenderal PAUDNI Taufik Hanafi dalam laporannya menyampaikan bahwa selama pelaksanaan kegiatan tidak terjadi hambatan yang berarti, dan secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Pelaksanaan kegiatan tahunan ini diharapkan dapat memberikan makna dan manfaat untuk berkompetisi secara sehat, berinovasi dan memotivasi semangat untuk bekerja. Selain itu kegiatan ini juga mengajak dan menanamkan semangat saling asah, asih, dan asuh, serta sebagai upaya melakukan pemetaan kualitas PTK PAUDNI.

”Kami berharap semoga pelaksanaan apresiasi PTK PAUDNI tahun 2015 menjadi proses pembelajaran untuk peningkatan penyelenggaraan kegiatan apresiasi di tahun mendatang,” harap Taufik. 

15 jenis dan tema kompetisi diselenggarakan tahun ini. Jenis kompetisi bervariasi, mulai dari yang diperuntukkan untuk PTK PAUD, lembaga kursus dan pelatihan (LKP), pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) hingga taman belajar masyarakat (TBM). Selain mengikuti rangkaian perlombaan, peserta kompetisi melakukan kunjungan ke istana Maimun dan Museum Rahmat Saleh. Wisata pendidikan ini dilakukan sebagai bagian untuk meningkatkan apresiasi terhadap kekayaan budaya nusantara, khususnya di provinsi Sumatera Utara. 

Turut hadir dalam acara penutupan gubernur provinsi Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho beserta Ibu, ketua DPRD Sumatera Utara H. Ajib Shah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Masri, para pejabat eselon dua dilingkungan Ditjen PAUDNI, dan 750 peserta berikut pendamping. (Seno Hartono)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 324 kali