Merajut Tenun Kebangsaan Melalui Kemah Budaya Nasional  05 Juni 2015  ← Back

Siak, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali kegiatan Kemah Budaya Nasional. Mendikbud Anies Baswedan membuka penyelenggaraan Kemah Budaya Nasional 2015 di Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau pada 4 Juni 2015. Kemah Budaya Nasional 2015 mengambil tema “Harmoni di Tanah Melayu Menuju Manusia Indonesia Unggul 2045”.

Kemah Budaya Nasional merupakan satu-satunya kegiatan perkemahan yang menitikberatkan pada aspek kepanduan pemuda dan kebudayaan dalam skala nasional. Dalam acara pembukaan, Mendikbud mengatakan kegiatan Kemah Budaya Nasional diharapkan menjadi semangat emas bagi pemuda untuk merajut tenun kebangsaan dan menjadi kesempatan untuk merajut ikatan persaudaraan yang kekal sepanjang hidup.

Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan mengatakan Indonesia, khususnya Kabupaten Siak Sri Indrapura, dapat menjadi tuan rumah bagi acara kemah budaya dengan skala internasional di masa depan. “Minimal ke depan, Indonesia dapat menyelenggarakan acara kemah budaya dengan level se-ASEAN,” tuturnya saat acara pembukaan Kemah Budaya Nasional 2015 di Siak, Riau, (04/06/2015).

Kegiatan yang diselenggarakan hingga 8 Juni 2015 ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan karakter, jati diri dan nilai budaya bagi para pemuda. Ribuan pramuka penggalang, termasuk 150 orang dari kontingen Malaysia turut mengikuti kegiatan ini. Acara pentas seni, permainan tradisional, bazar dan lomba-lomba seni dan budaya yang diselenggarakan dalam kemah Budaya Nasional diharapkan memberikan semangat pelestarian dan ajang apresiasi budaya oleh para pemuda.

Hadir pula pada acara ini, Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adhyaksa Dault, Plt. Gubernur Riau Arsyad Juliandi, Bupati Siak H Syamsuar dan Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Endjat Djaenuderadjat. (Desliana Maulipaksi/ Sumber: www.kebudayaan.kemdikbud.go.id)

 

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 573 kali