Pemenang LKS SMK Akan Dikirim ke Kompetisi Internasional  10 Juni 2015  ← Back

Tangerang, Kemendikbud --- Para juara yang berhasil meraih posisi terbaik di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2015 akan dibina dan dipersiapkan kembali untuk kemudian dikirim mengikuti berbagai ajang kompetisi serupa tingkat internasional. Setidaknya ada dua kompetisi yang akan diikuti, yaitu ASEAN Skills Competition (ASC) dan World Skills Competition (WSC).
 
“Juara tahun ini akan kami training dan dipersiapkan untuk ikut kompetisi dalam ASEAN Skills Competition 2016 di Brunei Darussalam yang bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan World Skill Competition 2017 di Abu Dhabi,” ujar Direktur Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Dikmen), Kemendikbud, Mustagfirin Amin dalam laporannya di acara pembukaan LKS SMK dan Pameran Hasil Karya Siswa SMK 2015 di Tangerang, Banten, Selasa (9/10/2015).
 
Ia menambahkan, tahun ini delegasi yang akan bertarung dalam kejuaraan kompetensi dunia itu merupakan juara LKS SMK 2013 dan 2014. “Mereka akan mengikuti World Skills Competition di Brazil pada Agustus 2015 mendatang,” tambah Mustagfirin.
 
Prestasi Indonesia mengikuti perlombaan kompetensi tingkat internasional cukup membanggakan. Ganjar Satrio merupakan contoh alumni LKS SMK yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam WFC 2013 silam yang digelar di Leipzig, Jerman. Medali emas bidang Graphic Design Technology berhasil dibawa pulang. Sementara pada ASC 2012 lalu, Indonesia yang menjadi tuan rumah ajang tersebut berhasil meraih gelar juara umum. Sebanyak 19 medali emas, 12 medali perak, dan dua medali perunggu, serta tujuh medallion for excellence berhasil dikantongi siswa-siswi terbaik Indonesia.   
 
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kemendikbud, Achmad Jazidie sebelum membuka secara resmi LKS SMK 2015 mengatakan, melalui ajang ini siswa dapat menunjukkan kemampuan maksimalnya di bidang keahlian masing-masing. “Diharapkan akan tersaring calon-calon wakil bangsa untuk mengikuti ajang kompetensi tingkat internasional,” tuturnya.
 
LKS SMK 2015 kali ini diikuti oleh 1.048 siswa terpilih dari 34 provinsi di Indonesia. Sebanyak 52 bidang lomba dipertandingkan dalam ajang kompetensi yang merupakan agenda rutin Kemendikbud tersebut. Selain lomba, hasil karya siswa SMK juga akan dipamerkan kepada masyarakat umum. Kegiatan ini akan ditutup pada Sabtu (13/6/2015) malam di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, Banten. (Ratih Anbarini)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 732 kali