Poster Siswa Indonesia Raih Medali Emas Pada Ajang IFAC ke-16 di Jepang  29 Juni 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) untuk kelima kalinya sejak tahun 2011 mengirimkan peserta ke ajang International Foundation  for Arts and Culture (IFAC). Berbahagia pada ajang IFAC ke-16 tahun 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 26 s.d. 28 Juni 2015 di Shinjuku, Tokyo, Jepang, Ilham Faizal Rahman delegasi dari Indonesia meraih medali emas.
 
Ilham Faizal Rahman peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Talun, Blitar, Jawa Timur menampilkan hasil karya seni desain poster berjudul “It’s Beautiful”. Dalam poster yang ditampilkannya tergambarkan sebuah keindahan bunga dengan rerumputan hijau bercorak orang bergandengan tangan. Selain itu juga terlihat gambar bunga matahari yang tersusun indah dibentuk dari rangkaian rudal, dan lambang nuklir yang memberikan simbol sebuah ancaman yang berbahaya bagi manusia.
 
Menjelaskan mengenai pesan yang ingin disampaikan dalam desain poster yang ditampilkan tersebut, Ilham mengatakan bahwa ia ingin menyampaikan pesan mengenai indahnya dunia ini jika manusia hidup dalam persatuan. “Untuk itu kita perlu perkuat persatuan dan kehidupan dalam toleransi. Hal tersebut dapat membuat manusia hidup secara harmonis dan penuh kedamaian,” demikian disampaikan Ilham dalam pidatonya pada acara pemberian anugerah, di Tokyo, Jepang, Jumat (26/06/2015).
 
Ilham Faizal Rahman bersama delegasi Indonesia lainnya, telah melalui proses meritokrasi (dipilih karena prestasi). Delegasi tersebut dipilih dari para peserta yang telah meraih prestasi pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dengan tahap berjenjang dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional yang di selenggarakan oleh Kemendikbud.  
 
IFAC ke-16 pada tahun 2015 diikuti 15 negara, yaitu Jepang, Irlandia, Israel, Indonesia, Mesir, Kamboja, Singapura, Thailand, Cina, Filipina, Vietnam, Benin, Myanmar, Laos, dan Rusia. Acara pemberian penghargaan IFAC ke-16 dihadiri perwakilan duta besar dari negara-negara peserta. Para perwakilan duta besar tersebut diberikan kesempatan untuk menyerahkan medali kepada para peserta yang meraih penghargaan. Pada kesempatan tersebut, Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jepang Ricky Suhendar mengalungkan medali emas kepada Ilham Faizal Rahman. (Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 927 kali