Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB) untuk Siswa SMP Digelar di Garut  04 Juni 2015  ← Back

Garut, Kemendikbud --- Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB) digelar di SMPN 2 Garut, Jawa Barat, pada hari ini, Kamis, (04/06/2015). Sastrawan yang akan hadir dalam acara tahunan Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud itu antara lain Iman Soleh, Fatin Hamama, Ari Kpin, Wawan Sofwan, dan Ayi Kurnia Iskandar.

Ketua Panitia SBSB, Agus Suharyanto mengatakan, pelaksanaan tahun ini merupakan kelanjutan dari acara tahun-tahun sebelumnya. “Jumlah SMP se-Indonesia banyak sekali. Tidak mungkin SBSB dilakukan dalam satu waktu. Harus bertahap,” ujarnya usai meninjau geladi resik di SMPN 2 Garut, Rabu siang, (03/06/2015).

Kegiatan ini mengundang siswa-siswi se-Kabupaten Garut ini. Agus berharap siswa dapat mengambil nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sastra melalui kegiatan ini. “Dengan mengikuti SBSB, mereka dapat mengambil nilai-nilai luhur dan kearifan yang terdapat dalam sastra dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. Rencananya acara akan dibuka oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Penyelenggaraan SBSB di Garut merupakan lokasi ke-5 dari tujuh tempat yang telah direncanakan pada tahun ini. Pelaksanaan I diselenggarakan di SMP Negeri 1 Sleman, D.I. Yogyakarta, pada 29 April 2015. Pelaksanaan berikutnya berturut-turut di SMP Negeri 12 Surabaya, Jawa Timur (12 Mei 2015), SMP Negeri 8 Palembang, Sumatera Selatan (20 Mei 2015), dan SMP Negeri 3 Cilacap, Jawa Tengah (27 Mei 2015). Rencananya, pelaksanaan ke-6 dan ke-7 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dan Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada Agustus 2015 mendatang.

Di berbagai tempat tersebut, sejumlah sastrawan, akademisi, dan aktor turun menyambangi siswa-siswi. Mereka berbagi pengalaman seputar proses kreatif dalam berkarya. Selain itu, mereka unjuk kebolehan dengan membaca puisi, cerita pendek, dan drama. Mereka adalah Suminto A. Sayuti, Joni Ariadinata, Jamal D. Rahman, Agus R. Sarjono, Ari Kpin, Iman Soleh, Wawan Sofwan, Fatin Hamama, Ayi Kurnia Iskandar, dan Godi Suwarna. Dalam acara SBSB, siswa-siswi juga dipersilakan menunjukkan kemampuannya dalam apresiasi sastra dan seni di atas panggung. (Billy Antoro)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 891 kali