25 Pejabat Eselon II Resmi Dilantik  13 Juli 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, resmi melantik 25 pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini. Pelantikan ke-25 pejabat tersebut disaksikan oleh para pejabat eselon I, II, III dan IV di lingkungan Kemendikbud, serta pegawai dan panitia seleksi. Seluruh pejabat yang dilantik kali ini berasal dari internal lingkungan Kemendikbud yang sebelumnya sudah pernah menjabat di lingkungan Kemendikbud itu sendiri.

Mendikbud menyampaikan, pelantikan pejabat kali ini bukan soal kompetensi tetapi soal kecocokan karena pada dasarnya semua pejabat yang dilantik tersebut adalah orang-orang yang kompeten tetapi yang dilantik hari ini adalah orang-orang yang dipandang cocok dengan posisi yang ditugaskan. “Jadi ini soal fitness (kecocokan,-),” katanya saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan Pejabat Eselon II di Lingkungan Kemendikbud, di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Mendikbud menegaskan, para pejabat yang dilantik tersebut agar mengingat dan menjalankan tugas sesuai sumpah jabatan yang telah diucapkan terutama pada kalimat yang dibacakan dua kali yaitu ‘bahwa saya akan memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus saya rahasiakan’. Dia mengatakan, banyak hal mengenai kebijakan di Kementerian ini yang memiliki dampak bagi masyarakat di luar Kementerian namun telah diketahui sebelum waktunya. “Saudara-saudara punya tanggung jawab menjaga yang dibicarakan di ruangan ini, keputusan yang diambil di ruangan ini, bertahan di ruangan ini, dan itu saudara sekalian prinsip yang dibaca dalam sumpah. Pegang kerahasiaan itu, wibawa anda, wibawa Kementerian ada pada diri kita, cara kita memegang sebuah amanat,” ujarnya.

Mendikbud menekankan, di Kementerian ini segala keputusan apapun harus dijalankan dan dipublikasikan kepada pihak-pihak yang relevan dengan keputusan tersebut. Kerahasiaan, kata dia, dalam pengambilan keputusan adalah bagian dari sumpah jabatan yang telah diucapkan. “Kita percayakan ke-25 orang yang dilantik ini adalah orang-orang yang akan menjunjung tinggi seluruh amanat yang dibaca dalam sumpah tadi, insya Allah,” tuturnya.

Ke-25 pejabat eselon II yang dilantik tersebut dapat dilihat di sini (Agi Bahari)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 535 kali