Candi Borobudur Jadi Lokasi Observasi Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika  24 Juli 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Tahun ini Indonesia kembali menjadi tuan rumah Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika atau International Olympiad of Astronomy and Astrophysics (IOAA). Jawa Tengah pun ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan.  Candi Borobudur yang terletak di provinsi ini akan menjadi tempat para peserta IOAA melakukan tes observasi atau pengamatan bintang di langit Borobudur.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Harris Iskandar mengatakan, salah satu alasan dipilihnya Jawa Tengah sebagai tuan rumah adalah sebagai apresiasi atas prestasi provinsi itu sebagai Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 untuk tingkat SMA.  Sedangkan pemilihan Candi Borobudur sebagai lokasi observasi bintang dan langit juga ada alasannya.

Dosen Astronomi ITB, Endang Soegiartini, yang menjadi anggota Tim Akademisi IOAA 2015 mengatakan, ilmu dalam membuat stupa (Candi Borobudur) sangat menarik. Pada abad ke-9 nenek moyang Indonesia telah mampu membangun Candi Borobudur dan menjadi ahli astronomi.

“Borobudur bukan hanya jadi tempat persembahan (ibadah), tetapi juga menjadi penanda waktu,” katanya dalam dialog dengan Radio Sindo Trijaya di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (24/07/2015).

Endang menuturkan, para peserta IOAA akan dibawa ke Candi Borobudur untuk mengenal contoh soal dan memecahkan kasus dalam kompetisi internasional ini. Pemilihan Candi Borobudur juga untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi bagian dari penentu peradaban dunia.

Tes observasi atau pengamatan pertama dalam IOAA 2015 akan dilakukan pada Selasa malam (28/07/2015), pukul 19.00-24.00 WIB di Candi Borobudur. IOAA 2015 merupakan penyelenggaraan IOAA yang ke-9 dan akan berlangsung pada 26 Juli – 4 Agustus 2015. Tahun ini IOAA di Indonesia akan diikuti 318 peserta dari 41 negara, antara lain Kanada, Cina, India, Rusia, Thailand, Amerika Serikat dan Inggris. (Desliana Maulipaksi)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 398 kali