Indonesia Raih Empat Medali dari Olimpiade Internasional Biologi  21 Juli 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Tim Olimpiade Biologi Indonesia kembali meraih prestasi. Sebanyak empat siswa SMA berhasil menyabet satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu dalam ajang kompetisi International Biology Olympiad (IBO) ke-26 yang berlangsung di Aarhus, Denmark.

Empat siswa SMA berprestasi anggota Tim Olimpiade Biologi Internasional itu adalah Maria Patricia Inggriani, dari SMA Kharisma Bangsa, peraih medali emas; Valdi Ven Japranata, dari SMA Kristen IPEKA Sunter, peraih medali perak; Hana Fauzyyah Hanifin, dari SMA SEMESTA Semarang, peraih medali perak; dan Nagita Gianty Annisa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong, peraih medali perunggu.

Tim Olimpiade Biologi Indonesia berkompetisi dengan 241 siswa dari 61 negara peserta IBO. Mereka tiba di tanah air pada Senin sore (20/07/2015) di Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Peserta Didik Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Suharlan mengatakan, para peserta Olimpiade Biologi Internasional ini telah melalui proses seleksi berjenjang dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan nasional melalui Olimpiade Siswa Nasional (OSN). "Fair. Semua anak bangsa diberikan kesempatan yang sama," ujarnya saat menjemput Tim Olimpiade Biologi Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, (20/07/2015).

International Biology Olympiad (IBO) atau Olimpiade Biologi Internasional 2015 berlangsung pada 12 s.d 19 Juli 2015, di Aarhus, Denmark. IBO merupakan ajang kompetisi tahunan bagi para siswa setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh dunia yang diselenggarakan setiap bulan Juli. Ujian yang diselenggarakan mencakup ujian praktikum dan ujian teori di bidang Biologi. Pada ujian praktikum, ada empat topik yang harus diselesaikan peserta kompetisi selama 90 menit, yaitu Mikrobiologi dan Biologi Molekuler; Anatomi, Sistematik dan Evolusi Tumbuhan; Morfologi dan Fungsional Hewan; dan Biokimia.

 Sebagai penghargaan, pemerintah Indonesia memberikan beasiswa penuh untuk melanjutkan studi Sarjana (Strata 1) kepada masing-masing peraih medali. Maria Patricia Ingriani dan Hana Fauzyyah Hanifin telah diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Sedangkan Valdi Ven Japranata dan Nagita Gianty Annisa akan melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Tidak hanya itu, penghargaan pun juga diberikan dengan melanjutkan pemberian beasiswa hingga jenjang Strata 3 bagi siswa peraih medali emas, dan beasiswa hingga jenjang Strata 2 bagi siswa peraih medali perak. (Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1377 kali