Mendikbud Perkenalkan Unit Kerja Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud  18 Juli 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Dalam pengelolaan pendidikan dan kebudayaan banyak hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan komunikasi intensif antara pemerintah dan masyarakat. Di sini peran penting unit kerja yang menjembatani komunikasi sangat dibutuhkan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat memperkenalkan unit kerja baru Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) kepada awak media, saat acara buka bersama para pimpinan redaksi media massa, di Jakarta, Selasa (14/07/2015).
 
“Peran BKLM sangat penting dalam menjembatani komunikasi dua arah antara pemerintah dengan masyarakat, serta bekerja sama dengan media massa dalam menyosialisasikan kebijakan pendidikan dan kebudayaan,” tutur Mendikbud.  
 
Pemberian nama pada unit kerja BKLM, Mendikbud menjelaskan, kata pertama adalah komunikasi. Peran komunikasi ini diharapkan dapat menggambarkan dan melaksanakan dengan betul komunikasi dua arah. “Komunikasi dua arah ini berarti satu adanya pengiriman pesan, dan kedua adanya penerima pesan. Sehingga bekerja sama dengan awak media perlu dilakukan untuk melakukan komunikasi dua arah ini,” jelas Mendikbud.
 
Makna kata kedua adalah layanan masyarakat. Makna kata ini, kata Mendikbud, memiliki peran penting untuk memberikan layanan yang dimiliki Kemendikbud berjumlah lebih dari 50 layanan yang dikumpulkan menjadi satu layanan di BKLM kepada masyarakat, dan para pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan.  
 
“Kita ingin masyarakat untuk mendapatkan layanan tidak harus datang ke Jakarta, karena kita tahu kebanyakan urusan pendidikan itu ada di daerah. Dengan adanya BKLM diharapkan masalah administrasi dapat terbantu dengan tidak harus datang ke Jakarta,” harap Mendikbud.
 
Pada kesempatan ini Mendikbud menyampaikan apresiasi kepada awak media massa baik cetak maupun elektronik yang telah membantu menyalankan proses komunikasi dua arah, dengan menyosialisasikan berbagai kebijakan Kemendikbud kepada masyarakat. “Dengan begitu saya harapkan kerja sama yang baik ini antara BKLM dan media dapat berjalan dengan baik,” tutur Mendikbud. (Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 4016 kali