Warga Arab Saudi Antusias Ikuti Lomba Pidato Berbahasa Indonesia  15 Juli 2015  ← Back

Riyadh, Kemendikbud --- Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) Riyadh, Arab Saudi menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing khususnya warga Arab Saudi. Lomba pidato yang dihadiri oleh mayoritas warga Arab Saudi di Riyadh, kepala sekolah dan guru Sekolah Indonesia Riyadh, perwakilan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Riyadh, dan masyarakat Indonesia yang berada di Riyadh serta seluruh staf KBRI Riyadh ini diselenggarakan di Hotel Brzeen, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/6/2015).

Penyelenggaraan lomba pidato dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2015 tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman mengenai Indonesia di berbagai aspek bagi masyarakat Arab Saudi khususnya para peserta lomba. Selain itu, tujuan lain dari lomba tersebut adalah untuk meningkatkan hubungan baik antar kedua negara khususnya dalam pengenalan budaya Indonesia melalui pendekatan pengajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut  merupakan bagian dari soft diplomacy (diplomasi yang halus,-) antara KBRI Riyadh dengan pemerintah Arab Saudi.

Hal yang menarik dalam pelaksanaan lomba pidato ini adalah diselenggarakannya Kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Kursus BIPA) terlebih dahulu. Para Pembina Kursus BIPA tersebut diambil dari beberapa unsur diantaranya staf KBRI dan guru-guru Sekolah Indonesia Riyadh serta mahasiswa Indonesia di Riyadh. Kursus BIPA ini diikuti oleh warga Arab Saudi dari berbagai profesi yang belum fasih dalam berbahasa Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan di Sekolah Indonesia Riyadh mulai dari 17 Mei 2015 sampai 11 Juni 2015 tersebut mendapat antusias yang tinggi dari warga Arab Saudi khususnya di Riyadh.

Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ini dijuarai oleh Fahd Ali H. Al Fahad dan diurutan kedua dan ketiga masing-masing dimenangkan oleh Abdul Azis Mohammed Shabib dan Abdullah bin Ali. Penjurian lomba pidato tersebut dilakukan oleh dua orang staf KBRI dan seorang perwakilan PPMI Riyadh.

Selain Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, KBRI Riyadh juga akan menyelenggarakan Lomba Menulis Esai Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Rencananya lomba tersebut akan diselenggarakan setelah selesainya proses pembinaan menulis esai Bahasa Indonesia bagi warga Arab Saudi khususnya di Riyadh. (Agi Bahari/sumber: Atdikbud KBRI Riyadh)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 507 kali