Ayo Torehkan Sejarah di Republik Ini Seperti Para Perintis Kemerdekaan  17 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Gagasan-gagasan utama memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini lahir dari kalangan orang-orang terdidik kala itu. Bung Karno, Bung Hatta, dan para Perintis Kemerdekaan lainnya adalah anak-anak muda terdidik pada masa itu yang menggunakan keterdidikannya untuk mendorong kemajuan bangsa Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menyampaikan, setiap siswa yang sedang menempuh pendidikan di sekolah saat ini adalah anak-anak muda terdidik yang memiliki kesempatan sama untuk menorehkan sejarah di Republik Indonesia ini seperti para Perintis Kemerdekaan terdahulu. “Belajarlah dengan keras, tuntas, dan sepenuh hati,” katanya saat memberikan amanat sebagai pembina upacara pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (17/8/2015).

Mendikbud mengimbau, para siswa untuk mengambil hikmah atas perjuangan para Perintis Kemerdekaan untuk menuju kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 yang gemilang dan perjalanan Republik ini selama 70 tahun. Tugas selanjutnya, kata dia, adalah membuat sejarah guna kemajuang bangsa ini. “Kalianlah yang akan memimpin dan mengelola perjalanan bangsa ini,” ujarnya.

Mendikbud menyebutkan, para siswa ini ke depan memiliki kesempatan untuk menjadi guru, sastrawan, budayawan, wartawan, pengusaha, dosen, musisi, dokter, insinyur, hakim, politisi, gubernur, menteri bahkan presiden dan peran-peran lainnya. Semua profesi itu, kata dia, dapat diraih dengan kerja keras dan kerja tuntas setiap hari di bangku kelas dan di sekolah. “Tempalah kepribadianmu, kembangkan prestasimu, jalin persahabatan dengan teman-temanmu, hormatilah orang tuamu dan gurumu, jadikan mereka suluh hidupmu,” tuturnya.

Mendikbud menegaskan, para siswa yang berada di bangku sekolah saat ini memiliki kesempatan yang besar untuk merayakan 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini. “Bergegaslah, bersiaplah dari sekarang. Bawalah Indonesia kita ke puncak-puncak kecemerlangan baru,” ucapnya. (Agi Bahari)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 473 kali