Cabang Olahraga Bola Voli di O2SN, Tumbuhkan Kebersamaan dan Sportivitas  05 Agustus 2015  ← Back

Makassar, Kemendikbud --- Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ke-8 kategori lomba bola voli jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada penyelenggaraannya tumbuhkan semangat kebersamaan dalam kelompok, dan sikap sportivitas. Demikian disampaikan penanggung jawab perwasitan, dan juga selaku Kepala Bidang Perwasitan pada Pengurus Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Sulawesi Selatan, M. Burhannudin.
 
“pada penyelenggaraan lomba bola voli ini, kita sangat menekankan sekali nilai-nilai budi pekerti, menumbuhkan rasa kebersamaan dalam tim, dan sportivitas menerima hasil akhir,” ucap Burhannudin saat ditemui di lokasi pertandingan di Gedung Olahraga Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (04/08/2015).
 
Burhannudin mengatakan, kebersamaan antar tim pun juga terjalin seusai pertandingan. Para peserta tersebut, kata dia, saling menyapa dan bersalaman antar tim yang menang dan kalah pada pertandingan babak penyisihan. “Hal ini sangat nyata terlihat bahwa semangat sportivitas ada dalam diri setiap peserta. Peserta yang menang tidak menyombongkan diri, dan yang kalah pun mau menerimanya,” ujar Burhannudin.
 
Pertandingan bola voli jenjang SMP sudah dimulai pada hari Senin 3 Agustus 2015 pukul 08.00 s.d.19 WITA. Peserta O2SN kategori bola voli jenjang SMP berjumlah 60 peserta, 31 peserta putra dan 29 peserta putri. “Masing-masing provinsi ada yang hanya mengirimkan tim putra saja, ada juga yang mengirimkan tim putri saja, dan ada juga yang mengirimkan tim putra dan putri,” jelas Burhannudin.
 
Petugas yang bertugas dalam pertandingan terdiri dari 10 wasit, 10 hakim garis, empat petugas pencatat nilai, lima petugas pencatat nilai di papan tulis, dan enam petugas penangkap bola. Sistem penilaian pertandingan, sesuai dengan peraturan pertandingan bola voli internasional, dihitung dari nilai yang dicapai.
 
“Semifinal rencanannya akan diselenggarakan hari Jumat pagi, kemudian langsung masuk babak final. Saya berharap para pemain bola voli tetap teguh pada kecintaannya bermain bola voli, dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” tutur Burhannudin. (Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 540 kali