Gita Bahana Nusantara, Kelompok Musik Generasi Muda dari Nusantara  12 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Gita Bahana Nusantara (GBN) adalah pergelaran orkestra yang dikolaborasikan dengan instrumen musik nasional yang terdiri dari gabungan pemusik dan vokalis muda terbaik yang dipilih melalui audisi dari seluruh provinsi di Indonesia. Tahun ini Direktorat Kesenian dari Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi pihak yang dipercaya untuk mengelola rangkaian kegiatan Gita Bahana Nusantara 2015.
 
Gita Bahana Nusantara terdiri dari tiga tim, yaitu tim paduan suara, tim orkestra dan tim aubade. Tim paduan suara terdiri dari 136 putra/putri hasil audisi dari 34 provinsi, tim orkestra terdiri dari 66 orang remaja/mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan tim aubade terdiri dari siswa/siswi sekolah terpilih dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
 
Gita Bahana Nusantara adalah suatu wadah generasi muda dari seluruh Indonesia dalam bidang musik, yang dibentuk khusus untuk mengisi acara kenegaraan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuan pembentukan Gita Bahana Nusantara adalah untuk membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme serta meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda. Pembentukan Gita Bahana Nusantara untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tahunnya telah berlangsung selama 12 tahun, sejak tahun 2003.
 
Hingga saat ini, Gita Bahana Nusantara adalah kelompok paduan suara dan orkestra pelajar atau mahasiswa nasional yang diseleksi melalui proses audisi atau seleksi yang sangat ketat. Audisi atau seleksi ini dilakukan oleh para juri yang kompeten di bidangnya, dengan memadukan juri dari provinsi (daerah) dan juri dari pusat (Jakarta). Setiap tahun, pemilihan peserta Gita Bahana Nusantara dilakukan secara obyektif dan terbuka.
 
Tahun ini, rangkaian kegiatan Gita Bahana Nusantara dimulai dengan audisi paduan suara di tingkat provinsi pada Maret-Juli 2015, lalu dilanjutkan dengan audisi orkestra pada April 2015. Setelah para peserta terpilih, dilakukan pemusatan latihan untuk tim paduan suara dan tim orkestra di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, yang dimulai pada 1 Agustus 2015. Sedangkan latihan tim aubade dilakukan pada tanggal 11 dan 15 Agustus 2015.
 
Selain persiapan pertunjukan musik, selama latihan di Cibubur mereka juga diberikan pembekalan “Motivasi dan Pengembangan Diri” dan pembekalan “Toleransi dan Wawasan Kebangsaan”. Gita Bahana Nusantara 2015 akan tampil di tiga kesempatan, yaitu konser uji gelar di hadapan Mendikbud Anies Bawsedan di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud pada 12 Agustus 2015, pergelaran di Gedung MPR/DPR pada Pidato Kenegaraan Presiden RI di Sidang Paripurna DPR/MPR/DPD RI pada 14 Agustus 2015, dan puncaknya adalah pergelaran di Istana Merdeka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi ke-70 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2015. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 10141 kali