Gita Bahana Nusantara Temukan Bakat Memukau dari Timur Indonesia  13 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Penampilan perdana kelompok paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) di Gedung A Plasa Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  sukses mengundang decak kagum. Permainan alat musik orkestra yang sangat harmonis, disertai dengan alunan suara dari tim paduan suara semakin memanjakan telinga. Selain alat musik modern terdapat juga kelompok khusus yang memainkan alat musik tradisional, salah satunya Sasando, alat musik khas Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Pada konser uji gelar GBN 2015 ini, sebelum mereka tampil di Gedung DPR pada 14 Agustus dan di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2015, ada dua peserta yang mencuri perhatian. Mereka adalah Ganzer Lana, seorang Sasandois Muda asal NTT dan Natalia Mandowen, gadis cilik penyanyi solo dari Papua Barat. Keduanya menampilkan kemampuan bermusik dan olah vokal yang sangat baik dalam konser uji gelar yang berlangsung pada Rabu lalu (12/8/2015).
 
Ganzer Lana tampak menonjol dengan alat musik Sasando yang ia mainkan dengan sangat merdu. Sejak tahun 2013, ia mulai belajar Sasando langsung dari Maestro Sasando asal NTT, Habel Edon. Mahasiswa semester 5 Jurusan Etnomusikologi ISI Yogyakarta ini sangat bangga bisa lolos sebagai salah satu peserta dalam tim GBN 2015.
 
“Senang,bangga,mempersembahkan untuk orang tua. Ini sebagai pembuktian ke orang tua kalau seni itu indah,” ujar Ganzer usai penampilan konser perdana GBN 2015 di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, (12/8/2015). Untuk melengkapi penampilannya, Ganzer memakai topi khas NTT yang bernama Titilangga.
 
Bakat memukau yang kedua ialah Natalia Mandowen, siswi kelas 6 SDN 06 Manokwari, Papua Barat, yang menjadi solois dalam kelompok GBN. Gadis cilik  ini merebut perhatian hadirin dengan suaranya yang lantang saat membawakan lagu berjudul “Pancasila Rumah Kita”, ciptaan Franky Sahilatua. Natalia juga membacakan sajak dalam lagu “Kebyar – Kebyar”.
 
Sebuah kesempatan emas bagi siswi bertubuh mungil ini untuk bisa tampil dalam momentum peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70. Selama penampilannya, Sang Ibunda yang mendampingi Natalia tak henti meneteskan air mata sebagai ungkapan rasa bangga.
 
Setelah tampil perdana di konser uji gelar, Gita Bahana Nusantara 2015 akan tampil di dua acara kenegaraan, yaitu di Gedung MPR/DPR pada Pidato Kenegaraan Presiden RI di Sidang Paripurna DPR/MPR/DPD RI pada 14 Agustus 2015, dan puncaknya adalah di Istana Merdeka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi ke-70 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2015. (Desliana Maulipaksi/Sumber: www.kebudayaan.kemdikbud.go.id). 

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 653 kali