Indonesia Akan Persembahkan Penampilan Terbaik di Museumsuferfest 2015  28 Agustus 2015  ← Back

Frankfurt, Kemendikbud -  Indonesia akan tampil secara maksimal di Festival  Museumsuferfest 2015 di Frankfurt, Jerman. Slamet Raharjo, salah satu anggota Komite Nasional Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015, mengatakan delegasi akan memberikan penampilan yang terbaik. "Kita akan  perlihatkan kepada warga Jerman bahwa kekayaan seni budaya Indonesia sangat beragam, mulai yang tradisional sampai dengan modern. Kita akan tunjukan bahwa Indonesia itu ada", ujar Slamet Raharjo di Frankfurt (27/8/2015).

Sepanjang penyelenggaraan acara yang biasa disebut Festival Tepi Sungai  para seniman Indonesia akan tampil mengisi panggung Indonesia  bertema 17.000 Islands of Imagination. Tampilan yang akan disuguhkan sepanjang tanggal 28-30 Agustus 2015 antara lain Djadug Ferianto bersama Kua Etnika, kesenian Barong dan Gandrung Banyuwangi. Akan tampil juga Dwiki Darmawan and Hish Polish Friends, penyanyi Dira Sugandhi, Mian Tiara, Bonita, dan JFlow. yang tak kalah menarik akan tampil Orkes Dangdut Melayu Banter Banget. Para diaspora Indonesia di Jerman juga membuar acara semakin meriah dengan permainan angklung dan parade Sarung Ikat. Dalam festival ini, juga akan diperkenalkan  aneka kuliner Indonesia. 

Ditemui saat latihan bersama para seniman Indonesia yang akan tampil di Festival Tepi Sungai, penyanyi Dira Sugandi mengatakan panampilan Indonesia kali ini  sangat kaya sekali, mulai dari tradisional sampai dengan modern. "Selama ini hanya seni tradisional Indonesia dalam berbagai festival internasional", ujarnya. Dira Sugandi mengatakan bahwa ia akan membawakan sekitar enam lagu dengan lirik yang nasionalis. "Indonesia sangat kaya sekali dengan kekayaan alam dan kebhinnekaannya, sehingga melalui lagu tersebut orang tidak perlu  lagi mempertanyaan perbedaan. Kebhinnekaan merupakan kekayaan Indonesia," katanya.

Sebagai tamu kehormatan dalam Festival Tepi Sungai ini, Indonesia mendapatkan panggung paling besar, yakni 8x100 meter. Lebih besar dari panggung negara  lain asal Eropa, Amerika Latin, dan Asia Pasifik. Acara kesenian  panggung Indonesia direncanakan akan  dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Fauzi Bowo. (Taufik Dahlan/Emi Salpiati)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 475 kali