Indonesia Terus Bersiap Jadi Tamu Kehormatan FBF 2015  26 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Ditunjuk sebagai Guest of Honor (GoH) atau tamu kehormatan Frankfurt Book Fair (FBF) 2015, Indonesia mulai bersiap membangun paviliun yang akan dipakai dalam pameran buku terbesar dan tertua di dunia itu pada Oktober mendatang. Tim pembangunan paviliun dan pihak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 8-11 Agustus 2015 lalu telah melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak di Frankfurt, Jerman untuk mematangkan proses pembangunan tersebut.

Pertemuan pertama dilakukan bersama perusahaan kontraktor Jerman untuk meninjau lokasi fabrikasi dan pengecekan bahan pembuatan paviliun. Tim dari Indonesia juga melakukan finalisasi mock up komponen paviliun yang antara lain terdiri dari lampion, rak buku, dinding ruangan pameran, penataan cahaya, dan lain-lain. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas kembali rincian pekerjaan pembangunan paviliun beserta target penyelesaian pekerjaan, pembayaran, dan pelaporan sesuai perkembangan desain terakhir.

Agar proses pengerjaan pembangunan paviliun untuk FBF 2015 berjalan sesuai jadwal, tim dari Indonesia dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI di Berlin akan memantau pekerjaan oleh perusahaan kontraktor Jerman secara berkala.

Pertemuan juga dilakukan dengan sekretariat FBF di kantor pusat perbukuan Jerman. Dari pertemuan tersebut dilaporkan bahwa ruang sekretariat akan diperluas dengan menyewa ruangan yang lebih besar di gedung yang sama pada September mendatang. Sementara itu untuk koleksi buku yang akan dipamerkan, saat ini telah ada lebih dari 150 buku tentang Indonesia yang diterjemahkan dalam bahasa Jerman. Atdikbud KBRI di Berlin, Jerman juga telah menerima lebih dari 800 judul buku tentang Indonesia dari para penulis di luar negeri baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Jerman.

FBF 2015 merupakan pameran buku terbesar di dunia dengan partisipasi lebih dari 100 negara dan akan diliput oleh sekitar 10.000 jurnalis mancanegara. Rencananya, tiga presiden Indonesia akan menghadiri pameran tersebut. Ketiganya addalah Presiden ke-3 B.J. Habibie, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden ke-7 yang saat ini masih menjabat, Joko Widodo. (Ratih Anbarini)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 512 kali