Ini Taktik Jatim Rebut Kembali Juara Umum O2SN  08 Agustus 2015  ← Back

Makassar, Kemendikbud --- Juara umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2015 diraih oleh kontingen provinsi Jawa Timur. Pada ajang yang diadakan di Makassar itu, provinsi Jawa Timur meraih 18 medali emas, 14 medali perak, dan 15 medali perunggu. Ini adalah juara umum yang ketujuh kalinya bagi provinsi Jawa Timur dari delapan kali penyelenggaraan O2SN sejak 2008.
 
Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad menyampaikan selamat kepada seluruh kontingen provinsi Jawa Timur yang telah meraih medali hingga menjadi juara umum pada O2SN 2015 kali ini. "Selamat kepada provinsi Jawa Timur, juara umum yang pernah lepas dan kembali lagi," katanya saat memberikan sambutan pada acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2015 di Ballroom Hotel Swiss Bellin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (7/8/2015).
 
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Pertama dan Pendidikan Menengah Atas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Bambang Sudarto menerima langsung Piala Bergilir O2SN setelah kontingen Jawa Timur diumumkan sebagai juara umum O2SN 2015. Saat diwawancarai, dia mengatakan, kontingen Jawa Timur sebelumnya telah mempersiapkan dengan baik untuk ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.
 
Bambang menjelaskan, persiapan untuk O2SN ini sudah diberikan kepada peserta wakil Jawa Timur sejak menempuh jenjang SD hingga jenjang SMA/SMK secara berkelanjutan. "Kita sudah mulai membentuk perkumpulan-perkumpulan olahraga di semua kabupaten/kota di Jawa Timur," ujarnya.
Bambang mengungkapkan, ke depan akan terus meningkatkan persiapan kontingen Jawa Timur pada ajang O2SN mendatang. Hasil evaluasi tahun ini, kata dia, kualitas wakil dari provinsi-provinsi lain dinilai sudah merata sehingga kompetisi di ajang tersebut semakin ketat. "Kita harus mempersiapkan dengan matang sehingga jangan sampai nanti juara umum ini dipinjam lagi oleh provinsi lain," tuturnya.
 
Juara umum peringkat kedua O2SN di Kota Daeng ini diraih oleh juara umum tahun lalu yaitu kontingen provinsi Jawa Barat dengan 15 medali emas, 14 medali perak, dan 12 medali perunggu. Di peringkat ketiga diraih oleh kontingen Jawa Tengah denga 14 medali emas, 10 medali perak, dan 10 medali perunggu. (Agi Bahari)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 547 kali