Juara FLS2N Akan Dikirim ke Festival Tingkat Internasional   25 Agustus 2015  ← Back

Palembang Kemendikbud --- Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2015 baru saja dimulai. 2.619 peserta berlomba memperebutkan posisi puncak. Menjadi pemenang FLS2N bukanlah akhir dari perjalanan para peserta. Mereka akan diikutsertakan dalam lomba tingkat dunia. Pada jenjang SMP misalnya, juara satu  bidang lomba kelompok vokal, tari tradisional, dan melukis akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi tahunan tingkat internasional. Kompetisi tersebut adalah International Cutural Celesta di India, yang akan diselenggarakan pada bulan April tahun 2016. 
 
 Sedangkan pada jenjang SMA juara pertama bidang lomba poster akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba dan festival International Festival Art and Culture, di Tokyo, Jepang. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan pada bulan Maret tahun 2016. “Jika dalam kompetisi FLS2N mengedepankan semangat integritas dan meritokrasi, maka kita akan melahirkan putra dan putri yang mempesona dunia. Mereka juga akan menjadi juara pada tingkat internasional,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada pembukaan FLS2N 2015, di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (24/08/2015). 
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad menjelaskan dalam laporannya, selain berkompetisi untuk memperebutkan tempat mengikuti kejuaraan tingkat internasional, peserta juga akan mendapatkan beasiswa prestasi untuk peraih juara 1 s.d. 3. “Pada tahun ini para peserta akan berkompetisi memperebutkan 168 medali, yang terdiri dari 77 medali emas, 43 medali perak, dan 43 medali perunggu,” jelas Hamid. 
 
Hamid menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang telah berkenan menjadi tuan rumah penyelenggaraan FLS2N tahun 2015. “Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan, sehingga dapat diselenggarakannya festival dan lomba seni ini,” ucap Hamid. 
 
Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemendikbud untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan FLS2N tahun 2015. Ishak menilai penyelenggaraan FLS2N merupakan ajang kompetisi yang positif untuk menumbuhkan nilai-nilai budaya, dan meningkatkan wawasan seni budaya dalam mengembangkan talenta anak-anak bangsa. 
 
“Saya berharap kami dapat menjadi tuan rumah yang baik, dan adik-adik dapat berkompetisi dengan baik. Jangan lupa kedepankan semangat sportivitas,” ujar Ishak. (Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1364 kali