Kemendikbud Kembangkan Laboratorium Kebinekaan Bahasa  24 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud tengah mengembangkan Laboratorium Kebinekaan Bahasa. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Mahsun mengatakan, Laboratorium Kebinekaan Bahasa merupakan salah satu produk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang nantinya akan menjadi pusat pembelajaran keberagaman dalam ketunggal-ikaan bahasa di Indonesia.

Pembangunan Laboratorium Kebinekaan Bahasa tersebut, ujarnya, merupakan tindak lanjut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sesuai dengan hasil Seminar dan Lokakarya lembaga adat yang dilakukan pada tahun 2014.

“Laboratorium tersebut diharapkan nantinya dapat menjadi media sosialisasi kekayaan keberagaman bahasa dan sastra yang ada di Indonesia.  Dalam laboratorium tersebut kita nantinya akan dibawa ke dalam keberagaman  bahasa dan sastra. Nantinya juga akan ada simulasi audio dan visual dari tuturan bahasa dan sastra dari tiap daerah. Hal ini diharapkan menjadi bukti nyata kebineka-tunggal-ikaan bahasa dan sastra di Indonesia,” tutur Mahsun pada hari ke empat Seminar dan Lokakarya Kebahasaan Lembaga Adat, Kamis, (20/8/2015) di Jakarta.

Pada hari kempat Semiloka Lembaga Adat tersebut dilakukan perekamanan tuturan dari seluruh perwakilan lembaga adat yang hadir. Diharapkan dengan terkumpulnya data hasil perekaman tersebut, dapat menjadi  data awal kebinekaan bahasa sebagai bahan kebijakan teknis pengembangan Laboratorium Kebinekaan Bahasa yang bertempat di gedung Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan.

Mahsun berharap nantinya ada anggaran khusus yang dapat dialokasikan untuk memberikan bantuan kepada lembaga adat dalam upaya menjaga dan melestarikan kekayaan keragaman bahasa daerah di seluruh nusantara. (Desliana Maulipaksi/ Sumber: www.badanbahasa.kemdikbud.go.id


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 589 kali