Kemendikbud Siap Jalani Pemeriksaan Pendahuluan atas Kinerja Pelayanan Pendidikan oleh BPK  25 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Selama kurang lebih dua bulan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menjalani Pemeriksaan Pendahuluan atas Kinerja Pelayanan Pendidikan. Pemeriksaan Pendahuluan tersebut  akan dilakukan tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang terdiri dari 40 orang.
 
Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi mengatakan Kemendikbud siap untuk memfasilitasi BPK dalam Pemeriksaan Pendahuluan. “Teman-teman unit utama akan mempersiapkan data yang dibutuhkan BPK,” ujar Didik saat Temu Awal Kemendikbud dengan BPK terkait Pemeriksaan Pendahuluan di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (25/08/2015).
 
Dukungan juga diungkapkan Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto, yang menginstruksikan agar jadwal Pemeriksaan Pendahuluan harus terdapat di setiap ruangan inspektorat dan melakukan sosialisasi kepada inspektorat atau auditor di lingkungan Itjen Kemendikbud.
 
“Kami juga di Itjen bikin daftar untuk diedarkan ke pimpinan unit teknis supaya mekanisme di lapangan lebih nyaman dan jelas dalam menjawab pemeriksaan,” katanya.
 
Sementara itu Auditor utama VI BPK RI Sjafrudin Mosii yang menjadi penanggung jawab tim BPK di Kemendikbud mengatakan, pemeriksaan BPK atas kinerja suatu instansi membutuhkan banyak orang dan waktu yang panjang. Setelah Pemeriksaan Pendahuluan, selanjutnya akan dilakukan Pemeriksaan Terinci dan Pelaporan.
 
“Tujuan Pemeriksaan Pendahuluan adalah untuk memeroleh data dan informasi awal mengenai pelayanan pendidikan sebagai bahan perencanaan pemeriksaan,” tutur Sjafrudin di hadapan pejabat eselon 1 dan 2 Kemendikbud dalam Temu Awal tersebut.
 
Ia mengatakan, Pemeriksaan Pendahuluan meliputi empat hal, yaitu pemahaman entitas dan pengidentifikasian masalah, penentuan area kunci penentuan tujuan dan lingkup pemeriksaan, dan penentuan kriteria. Cakupan pemeriksaan meliputi kegiatan pelayanan pendidikan dasar menengah tahun anggaran 2014 dan 2015 (semester 1).
 
Setidaknya ada empat sasaran pemeriksaan yang menjadi perhatian BPK dalam Pemeriksaan Pendahuluan. Empat sasaran pemeriksaan itu adalah peningkatan kualitas pembelajaran, bantuan pendanaan, mutu pendidik dan tenaga kependidikan, dan sarana prasarana.
 
Berdasarkan jadwal, awal Pemeriksaan Pendahuluan tersebut akan dilakukan mulai 26 Agustus 2015, kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan Daerah pada 6-23 September 2015 dan FGD Kinerja pada 8 Oktober 2015. Kemudian pada 12-13 Oktober 2015 akan dilakukan Penentuan Kriteria Pemeriksaan, dan 15 Oktober 2015 menjadi akhir Pemeriksaan Pendahuluan. Tahap selanjutnya, yaitu Pemeriksaaan Terinci akan dimulai pada 26 Oktober 2015. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 700 kali