Kontingen Indonesia Harus Siap Fisik dan Mental Jadi Peserta WorldSkills Competition 2015   05 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- WorldSkills Competition (WSC) 2015 diikuti banyak peserta dari berbagai negara, dan tingkat keahlian para peserta pun semakin tipis bedanya. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengimbau para peserta dan para ahli yang mendampingi untuk  menjaga fisik dan mental selama pelaksanaan WSC 2015 di Sao Paulo, Brazil, pada 12-15 Agustus 2015.
 
Hamid mengatakan, WSC adalah kompetisi yang paling bergengsi di bidang kejuruan, maka dari itu para peserta tidak lagi membawa nama sekolah atau daerah pada ajang tersebut melainkan atas nama negara Indonesia.
 
“Tunjukkan spirit (semangat) kalian yang terbaik, fokus betul untuk meraih yang terbaik bagi Indonesia, persembahkan medali yang terbaik bagi Indonesia,” katanya.
 
Hamid juga mengimbau para ahli yang mendampingi wakil Indonesia ini untuk menjaga mental anak didiknya baik sebelum atau saat kompetisi berlangsung bahkan hingga kompetisi selesai. Seringkali, kata dia, kekalahan pada kompetisi-kompetisi tingkat internasional dikarenakan para peserta lengah ketika bertanding sehingga mentalnya jatuh.
 
“Para pendamping dan expert (ahli), jaga betul mental anak-anak kita, jangan sampai keluar kata-kata yang tidak enak pada adik-adik kita ini,” ujarnya.
 
Hamid juga meminta para ahli untuk pantang menyerah jika terdapat proses mediasi di ajang WSC 2015 ini. Dia mengatakan, meskipun kemampuan Bahasa Inggris masing-masing ahli tidak terlalu fasih tetapi yang penting apabila sesuatu hal itu benar maka perjuangkan anak-anak yang mewakili Indonesia itu. “Bukan masalah Bahasa Inggris sepatah-sepatah tetapi kegigihan kita untuk memperjuangkan, itu yang kami minta, jangan pernah menyerah,” tuturnya.
 
Selain itu, ia juga mengingatkan para peserta yang mewakili Indonesia di ajang WSC 2015 ini untuk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatannya. “Waktunya istirahat maka istirahat, waktunya makan maka makan,” ucapnya. (Agi Bahari)
 

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 368 kali