Mendikbud Temui 500 Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sulawesi Selatan   04 Agustus 2015  ← Back

Makassar, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan menyempatkan diri menemui sekitar 500 pendidik dan tenaga kependidikan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan, Senin (03/08/2015).

"Dalam setiap kunjungan kerja, hal yang selalu saya inginkan adalah menemui para guru sebagai pendidik wajah-wajah masa depan bangsa," ucap Mendikbud. 

Pada kesempatan ini, Mendikbud berbahagia dalam pertemuan dengan para pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi Sulawesi Selatan ditemani Ibunda Aliyah Rasyid yang merupakan seorang pendidik.

"Ibu saya sudah mengajar sejak tahun 1965. Tepat tahun ini ibu saya telah 50 tahun menjadi seorang pendidik. Dan sepanjang perjalanan kami banyak di wilayah pendidikan," kata Mendikbud. 

Mengingat kembali pesan Ibunda Aliyah, Mendikbud mengatakan, kekuatan sosial dan ekonomi suatu negara adalah pendidikan. Keberhasilan seseorang diraih juga karena dahulu mendapatkan dan menikmati pendidikan. "Kekuatan pendidikan ini pun tidak terlepas dari peran guru. Apa pun kurikulumnya, keberhasilannya tetap pada guru yang menyampaikan kepada siswa," ujar Mendikbud. 

Oleh sebab itu, katanya, Kemendikbud akan terus mencoba memberikan yang terbaik untuk para guru. Upaya untuk lebih intensif memberikan perhatian kepada guru, Kemendikbud membentuk unit utama baru khusus guru, yaitu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

"Melalui unit kerja baru ini, pemerintah akan melunasi tanggung jawab kepada guru. Dengan begitu guru pun jangan melupakan tanggung jawabnya kepada para siswa," jelas Mendikbud. 

Sinergitas yang baik antara pemerintah dengan guru, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas, serta menjadi juara dalam berkompetisi tingkat nasional dan internasional. "Kita ingin 100 tahun Indonesia merdeka memiliki SDM yang berkualitas, dan membawakan Indonesia menjadi negara hebat di tingkat  internasional," tutur Mendikbud. (Seno Hartono)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 416 kali