Persembahan Emas Tim Geografi Indonesia di Kancah Dunia   27 Agustus 2015  ← Back

Putra-putri terbaik Indonesia kembali mencatatkan prestasi emas di tingkat internasional. Kali ini, tim Indonesia yang berlaga di ajang keilmuan dunia International Geography Olympiad  (IGEO) ke 12, Russia, 10-17 Agustus 2015, pulang ke Tanah Air dengan membawa 1 medali emas dan 2 medali perunggu. Presentasi tim Indonesia yang bertema Jakarta Giant Great City Wall “ pun berhasil meraih predikat “The 2nd Best Poster Presentation”

Medali emas yang diraih Tim Geografi Indonesia ini dipersembahkan oleh Andito J. Adhyatma dari SMA Negeri 8 Jakarta. Sedangkan  2 medali perunggu atas nama Asri H. Giastuti dari SMA Negeri 1 Bogor dan Melinda Gularso dari SMA Kristen 7 BPK Penabur Jakarta Jakarta. Menurut Dr. Ir. Samsul Bachri, M.Eng selaku Ketua Tim Olimpiade Geografi Indonesia , hasil ini merupakan peningkatan prestasi dibandingkan tahun lalu.

Menanggapi keberhasilan ini, Suharlan SH, MM, Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik mengatakan, dirinya atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Geografi Indonesia yang, lagi-lagi, telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Meskipun masih terhitung “anak baru”, baru tahun ketiga berpartisipasi, tapi sudah mampu  bersaing dan meraih emas. “Padahal, pembinaan yang sempat dilakukan pun tidak terlalu lama. Kita hanya memolesnya sebentar melalui pembinaan terstruktur lewat proses seleksi yang meritokrasi,” jelas Suharlan. Singkatnya, tetap memberi peluang kepada para siswa untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minatnya tanpa memaksakan sistem pembelajaran serta ragam materinya. Peserta didik tetap leluasa menjalani hak-haknya pada pelajaran-pelajaran lain.

Sepanjang 10-17 Agustus, Tim Indonesia bersama tim-tim Geografi dari belahan  dunia lainnya mengikuti rangkaian kegiatan kompetisi yang kemudian juga  dilanjutkan dengan field trip dari tangggal 18 sampai 23 Agustus 2015.  Tujuan dari field trip ini untuk memperkaya wawasan geografi dan lingkungan di luar Indonesia dengan melihat lagsung bukti bukti empiris di lapangan atas teori yang telah pernah dipelajari. 

Samsul menjabarkan, ada 2 sisi yang dapat disimpulkan dalam IGEO 2015 ini.  Dari  sisi positif,  ada peningkatan prestasi. Sedangkan dari sisi kekurangan,  disparitas kualitas siswa masih terlalu tinggi. Hal ini terjadi karena penguasaan siswa terhadap bahasa Inggris yang belum menjadi salah satu kriteria seleksi nasional.  Hal ini yang mengakibatkan keterbatasan siswa dalam menginterpretasikan  soal analisis field work. Diharapkan,  kedepan kemampuan siswa menulis dalam bahasa asing bisa lebih ditingkatkan.

Sejak tahun 2013 Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah telah memasukkan bidang Geografi masuk ke dalam mata pelajaran yang dipertandingkan pada  kompetisi Olimpiade Sain Nasional (OSN). Mereka yang lolos dari seleksi nasional ini kemudian diikutkan dalam IGEO.  Tujuan  dari IGEO sendiri  adalah untuk menstimulasi dan meningkatkan perhatian anak-anak muda di seluruh dunia dalam mempelajari Geografi dan lingkungan. Dalam skala nasional, ilmu ini memberikan landasan pemahaman yang kuat bagi peserta didik mengenai pentingnya Geografi untuk pembangunan nasional Indonesia.

Keberhasilan dan sukses yang diiraih Tim Geografi Indonesia ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan semua pihak, yakni ; Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud; Fakultas Imu dan Teknologi Kebumian ITB, Fakultas Geografi UGM dan Badan Informasi Geospasial (BIG).


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 703 kali