Presiden RI: Gerakan Pramuka Warnai Kepribadian Anak Bangsa  17 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Pada puncak peringatan hari ulang tahun Praja Muda Karana (Pramuka) ke-54 tahun 2015, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengajak seluruh anggota Pramuka untuk mengevaluasi berbagai kegiatan yang telah dilakukan, sebagai upaya pengembangan dan menjadikan gerakan Pramuka lebih baik lagi. Hal tersebut perlu dilakukan, karena Gerakan Pramuka memiliki peran kuat dalam mewarnai kepribadian anak bangsa.

”Peran Pramuka sangat kuat dalam masyarakat, oleh sebab itu lakukan evaluasi diri sejauh mana sumbangsih dan kiprah Pramuka dirasakan ikut mewarnai watak dan kepribadian anak-anak bangsa,” demikain disampaikan Presiden dalam sambutannya pada puncak peringatan hari ulang tahun Pramuka ke-54, di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta, Minggu (16/08/2015).  

Presiden mengatakan, berbagai upaya revitalisasi gerakan Pramuka perlu dilakukan. Tidak hanya menjadikan gerakan Pramuka menjadi bagian terpenting dalam pendidikan karakter bangsa, tetapi perlu dilakukan langkah-langkah terobosan, inovasi untuk menarik lebih banyak lagi minat anak-anak bangsa. ”Ini tidak terlepas dari peran para kaum muda dan seluruh masyarakat untuk menggandeng dengan cara yang kreatif untuk membuat adik-adik kita yang lainnya mencintai Pramuka,” ujar Presiden.

Presiden mengajak seluruh anggota Pramuka dapat berperan aktif dalam mengambil peran positif dalam masyarakat, ”Anggota Pramuka harus bisa menjadi contoh pembawa mental optimis dan bukan pesimis. Saya yakin dengan begitu dapat membangun jiwa bangsa Indonesia menjadi lebih besar, dan ini sangat perlu dukungan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Presiden.

”Jadilah anggota Pramuka yang memiliki mental dan kepribadian yang kuat, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan senantiasa bekerja keras. Jaga dan mantapkan nilai-nilai Pancasila, Trisatya, Dasadharma Pramuka dalam sanubari para anggota Pramuka,” pesan Presiden. (Seno Hartono)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 577 kali