Selamat, 24 Sekolah Raih Penghargaan pada Lomba Sekolah Sehat  17 Agustus 2015  ← Back

Depok, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetapkan 24 sekolah sebagai pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional, kategori sekolah dengan kinerja terbaik, dan kategori sekolah dengan pencapaian terbaik. LSS yang dilaksanakan sejak tahun 1991 merupakan kegiatan rutin tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pusat bekerja sama dengan Pembina UKS tingkat provinsi, dan kabupaten/kota.

“Penyelenggaraan lomba ini sudah yang ke 25 kalinya diselenggarakan. Ini usia yang cukup lama, dan diharapkan agar perilaku budaya bersih dan sehat selalu tertanam di sekolah kita,” demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad pada acara pemberian penghargaan Lomba Sekolah Sehat, di Depok, Jawa Barat, Minggu (16/08/2015).

Pada kesempatan ini, Sekretaris Ditjen Dikdasmen Thamrin Kasman mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan LSS adalah untuk memberikan motivasi kepada tim UKS tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta tim pelaksana UKS tingkat sekolah dalam membina dan mengembangkan UKS. “Yang utama dari penyelenggaraan LSS adalah mendorong terwujudnya sekolah bersih dan sehat di seluruh Indonesia,” ujar Thamrin.

LSS diikuti oleh lembaga pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak/RA, Sekolah Dasar/MI, Sekolah Menengah Pertama/Mts, Sekolah Menengah Atas/SMK/MA. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen penilaian yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemendikbud, bekerja sama dengan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Para pemenang LSS selain mendapatkan pengharaan berupa piala, juga mendapatkan kesempatan mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi pada hari ini, Senin 17 Agustus 2015. Selanjutnya juga direncanakan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri pada hari Selasa 18 Agustus 2015.

”Momen terpenting dari kesempatan yang didapat oleh para pemenang adalah direncanakan akan bersilaturahim dengan Bapak Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 18 Agustus 2015 di Jakarta Expo Kemayoran Jakarta,” tutur Thamrin. (Seno Hartono)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1142 kali