Siswa Ini Dinobatkan Sebagai The Absolute Winner pada IOAA 2015  04 Agustus 2015  ← Back

Yogyakarta, Kemendikbud --- Langit di atas Candi Prambanan mulai temaram saat namanya dipanggil sebagai pemenang medali emas Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015. Dari seluruh peraih medali emas, ia ternyata berada di peringkat pertama dengan nilai tertinggi. 
 
Namanya Joandy Leonata Pratama. Ia berlaga di IOAA 2015, setelah melewati seleksi panjang dari SMA Sutomo 1, Medan, Sumatera Utara. Di tengah keriuhan ucapan selamat dari teman-teman satu delegasi, namanya dipanggil untuk kedua kali. Joandy kaget bercampur girang. Dia berlari setengah melompat ke panggung. Kali ini ia mendapat penghargaan untuk kategori Best Observation. Penghargaan kategori ini diberikan kepada peserta dengan nilai tertinggi pada kategori observational test.
Joandy seperti diberi berkah bertubi-tubi, karena namanya disebut lagi untuk ketiga kalinya. Kali ini ia dinobatkan sebagai The Absolute Winner. Ini karena nilainya paling tinggi di antara seluruh pemenang medali emas. 
 
Di panggung,  tampak jelas ia berusaha menahan luapan kegembiraan saat menerima penghargaan-penghargaan tersebut. Seolah tidak sabar berbagi kesuksesan dengan semua orang.
 
Turun dari panggung, berapi-api penuh kegembiraan ia bercerita,  betapa senangnya pemuda yang baru lulus SMA pada bulan Mei ini, mendapatkan tiga penghargaan sekaligus.  "Nggak ngirain dipanggil lagi, kaya shock gitu. Kaya bingung gitu", ucapnya dengan nada tinggi, berusaha mengalahkan kerasnya suara sound system acara penutupan. 
 
Dengan antusias ia lanjut bercerita tentang persiapannya menghadapi IOAA 2015. Tahun 2015 ia mengikuti pelatihan khusus selama empat bulan. "Selama empat bulan tahun ini. Tiga bulan tahun lalu. Jadi totalnya tujuh bulan." Joandy adalah pemenang medali perunggu pada IOAA 2014 di Rumania. 
 
"Saya berterima kasih kepada dosen-dosen di ITB." ucapnya mengenang masa-masa pelatihan.
 
Doa orangtua baginya berperan penting. Dukungan teman-teman juga sangat memengaruhi prestasinya. Sekali lagi, Selamat, Joandy!  Selamat melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung. Semoga studimu bisa memberikan kontribusi terhadap dunia astronomi yang kau sukai, seperti harapanmu. (Emi Salpiati)
 

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 978 kali