Wakil Indonesia Siap Persembahkan Medali Terbaik di WorldSkills Competition Sao Paulo 2015  05 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Indonesia resmi mengirimkan 30 kontingen yang terdiri dari 32 peserta untuk 30 bidang lomba di ajang WorldSkills Competition (WSC) Sao Paulo 2015. Dalam ajang dua tahunan bergengsi di bidang kejuruan tersebut, Indonesia menargetkan meraih medali emas di setiap bidang lomba dan minimal dapat melebihi perolehan medali di ajang WSC sebelumnya. Pada WSC 2013, Indonesia berada di peringkat 19 dari 50 negara peserta dengan meraih satu medali emas dan satu medali perak serta 12 Medallion of Excellence atau penghargaan untuk peserta dengan keahlian tingkat dunia.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen Kemendikbud), Hamid Muhammad menyampaikan, WSC ini adalah ajang kompetisi yang paling bergengsi di bidang kejuruan karena dalam pelaksanaannya selalu terdapat penambahan negara peserta sehingga kompetisi semakin ketat. Dia mengatakan, para kontingen harus fokus untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia di ajang tersebut. “Persembahkan medali yang terbaik bagi Indonesia,” ujarnya saat memberikan arahan pada acara Pelepasan Kontingen Indonesia untuk WorldSkills Competition Sao Paulo Brazil 2015, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Dalam mempersiapkan para wakil Indonesia di ajang WSC Sao Paulo 2015, pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dikdasmen Kemendikbud bekerja sama dengan beberapa institusi, lembaga pelatihan, dan perusahaan industri yang tersebar di pulau Jawa. Kerja sama tersebut dalam bentuk pemusatan pelatihan bagi wakil Indonesia yang didampingi oleh expert (ahli,-) sesuai bidang lomba masing-masing dalam ajang tersebut. Pemusatan pelatihan ini dilaksanakan di 14 training center (pusat pelatihan,-) antara lain Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, PPPPTK BOE Malang, Balai Besar Latihan Kerja Industri Serang, Yayasan Matsushita Gobel, PT Denso, Salim Silver, Pusat Pengembangan dan Pelatihan Industri Kayu Semarang, Hope Taylor Bandung, Mustika Ratu, Puspita Martha, dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta PT Astra Daihatsu Motor.

Salah satu wakil Indonesia bidang lomba Restaurant Service, Nadila Putri Ossycawati mengatakan, dirinya sudah siap berkompetisi pada WSC Sao Paulo 2015 dengan mengikuti pelatihan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan   mempelajari modul-modul yang berkaitan dengan bidang lomba tersebut. Peraih medali emas pada Lomba Kompetensi Siswa Nasional 2013 ini juga menargetkan meraih medali emas pada ajang bergengsi tersebut. “Di ajang ini saya ingin menunjukkan bahwa anak SMK juga bisa berkompetisi di mancanegara,” kata alumni SMKN 3 Tangerang itu.

Wakil Indonesia lainnya di ajang WSC Sao Paulo 2015 bidang lomba Electrical Installations, Muthoharul Janan, pun sudah mempersiapkan diri sejak September 2014 melalui pelatihan yang diselenggarakan di PPPPTK BOE Malang. Siswa SMK Muhammadiyah Suruh Semarang itu pun menargetkan untuk memeroleh medali emas di ajang tersebut dan minimal meraih Medallion of Excellence. Ayo, SMK Bisa! (Agi Bahari)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 522 kali