44 Persen, Serapan Anggaran Kemendikbud per 31 Agustus 2015  03 September 2015  ← Back

karta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memaparkan daya serap anggaran di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR RI hari ini, Rabu (2/09/2015). Dari alokasi APBN sebesar 53,27 triliun yang dikelola Kemendikbud, 44 persen di antaranya sudah terserap.
 
"Dari Januari sampai Agustus ini serapan anggaran kita berada di posisi baik. Bila dilihat tren dari 2013 dan 2014, kita berada di track yang tepat," kata Menteri Anies pada raker dengan Komisi X DPR RI di Kantor DPR RI, Rabu (2/09/2015).
 
Mendikbud memproyeksikan, hingga akhir 2015 serapan anggaran bisa di atas 93 persen. Jumlah ini lebih besar dari 2013 sebesar 89 persen dan 2014 sebesar 91 persen. Dari delapan unit utama di Kemendikbud, Mendikbud menyebutkan serapan terendah berada di Badan Bahasa dan Ditjen Kebudayaan. Rendahnya angka serapan ini merupakan imbas dari proses lelang yang belum selesai di dua unit utama tersebut. Mendikbud optimis, hingga November mendatang setelah semua proses selesai maka serapan di dua unit ini akan naik tajam.
Ja
Selain menyampaikan realisasi anggaran, dalam raker ini Mendikbud juga menyampaikan laporan tentang progres tunjangan guru. Untuk tunjangan profesi, dari sasaran 178 ribu guru hingga 31 Agustus sudah terealisasi 45 persen, tunjangan fungsional 48 persen, tunjangan khusus 36 persen dan tunjangan guru bantu 47 persen. Berbagai kendala dalam penyaluran  misalnya beban mengajar kurang dari 24 jam per minggu, masalah linieritas, faktor mutasi guru ke stuktural, meninggal, atau pensiun, dengan redistribusi guru, tuturnya, akan dibereskan.
 
Beberapa program lain turut dipaparkan pula dalam raker kali ini. Mulai dari Program Indonesia Pintar (PIP), pencetakan kartu Indonesia pintar, realisasi bansos non PIP, BOS, realisasi sarana dan prasarana di 2015, dan persiapan Indonesia menuju Frankfurt Book Fair (FBF) dimana Indonesia akan menjadi tamu kehormatan tahun ini. 
 
Hingga 31 Agustus Mendikbud menyebutkan bahwa Kemendikbud telah menyalurkan dana PIP untuk 10,4 juta siswa. Jumlah ini terdiri dari 9,4 juta siswa yang berada di sekolah, dan satu juta lainnya merupakan anak usia sekolah yang berada di luar sekolah. Target penyaluran PIP untuk tahun ini 17.9 juta siswa. Dengan capaian hingga akhir Agustus ini, Mendikbud optimis target serapan anggaran kementerian yang ia pimpin tetap berada di jalur yang benar. (Aline Rogeleonick)
 

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 691 kali