Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) Promosikan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015  03 September 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Pameran Buku Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2015 yang diselenggarakan Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kemendikbud dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) secara resmi dibuka pada Rabu, (2/9/15) di Jakarta Convention Center. Pameran buku ini juga menjadi ajang promosi bagi Indonesia yang akan tampil sebagai Guest of Honour (GoH) atau Tamu Kehormatan di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 pada Oktober mendatang.
 
IIBF 2015 akan digelar dari tanggal 2 hingga 6 September 2015. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan IIBF mengatakan, IIBF bukan sekadar ajang jual beli buku secara tunai, tetapi lebih dari itu sebagai transaksi jual beli hak cipta lintas bahasa termasuk memperkenalkan karya-karya Indonesia ke mancanegara, seperti halnya yang terjadi di Frankfurt Book Fair.
 
“Pameran ini juga sebagai salah satu pemanasan untuk Frankfurt Bookfair 2015 di mana kita menjadi Guest of Honour (Tamu Kehormatan) bulan Oktober tahun ini,” ujarnya saat jumpa pers tentang IIBF 2015 beberapa waktu lalu.
 
Anggota Komite Media dan Hubungan Luar dari Komite Nasional Indonesia untuk Frankfurt Book Fair 2015, Feby Indirani mengatakan, di IIBF 2015 juga terdapat stan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Di stan tersebut dipamerkan buku-buku Indonesia yang akan dibawa ke FBF.  
 
Berdasarkan jadwal acara dari laman resmi IIBF, www.iibf.id , pada Jumat, (4/9/2015), di panggung utama IIBF akan digelar Talkshow & Performance “Indonesia Goes to Frankfurt”. Talkshow ini mempromosikan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Sedangkan salah satu performance atau pertunjukan yang akan ditampilkan adalah duet seniman Reda Gaudiamo dan Ari Malibu yang menampilkan musikalisasi puisi karya penyair Sapardi Djoko Damono.  
 
Selain itu, beberapa penulis Indonesia yang akan berangkat ke Frankfurt, Jerman untuk menghadiri FBF 2015 juga akan menggelar talkshow di IIBF, antara lain Sapardi Djoko Damono dan Darwis (Tere Liye). Sapardi Djoko Damono akan menjadi narasumber dalam acara Booktalk di panggung utama IIBF pada Sabtu, (5/9/2015). Sedangkan Darwis (Tere Liye) akan menjadi narasumber pada talkshow di hari Minggu, (6/9/2015).
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut meramaikan IIBF 2015 dengan memajang aneka mahakarya literatur Nusantara. Kemendikbud juga mendukung penuh persiapan dan pelaksanaan keikutsertaan Indonesia dalam Frankfurt Book Fair 2015 sebagai Guest of Honour (GoH) atau Tamu Kehormatan. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 773 kali