Indonesia Lahirkan Seniman Muda Berprestasi  14 September 2015  ← Back

Cipanas, Kemendikbud --- Dalam rangkaian peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional tahun 2015. Lomba ini diselenggarakan pada hari Sabtu 12 September 2015, di Istana Presiden Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, dan telah menghasilkan para pemenang sebagai seniman muda berprestasi.
 
“Kami ucapkan selamat kepada para peraih juara. Kalian yang hadir disini adalah yang terbaik dari daerah masing-masing,” hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada acara penutupan dan pengumuman pemenang Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional tahun 2015, Sabtu (12/09/2015), di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.
 
Terdapat lima jenis lomba yang diperlombakan , yaitu lomba cipta lagu untuk jenjang SMP, lomba cipta puisi untuk jenjang SD dan SMP, lomba cipta seni lukis untuk jenjang SD dan SMP, lomba cipta desain motif batik, dan lomba cipta membatik untuk jenjang SD. (Nama pemenang terlampir dalam kolom pengumuman kemdikbud.go.id)
 
Mendikbud mengatakan, berbicara mengenai Indonesia mencerdaskan, salah satu komponennya adalah komponen rasa dan seni. Kegiatan yang saat ini dilaksanakan merupakan bagian dari Indonesia mencerdaskan yang meliputi komponen rasa dan seni. “Komponen rasa dan seni harus memiliki tempat pada dunia pendidikan karena kita juga menyadari bahwa Indonesia salah satu kekayaan terbesarnya adalah seni dan budaya, sehingga ekspresi anak-anak terhadap seni dan budaya harus punya tempat di dunia pendidikan kita,” tutur Mendikbud.
 
Mendikbud berharap kegiatan lomba cipta seni pelajar nasional dapat merangsang lebih banyak lagi anak-anak Indonesia untuk mau terlibat dalam kegiatan seni dan budaya. Kegiatan seperti ini, kata Mendikbud, jangan dijadikan sebagai kegiatan lomba yang biasa saja, tetapi gunakan sebagai wadah mengirimkan pesan kepada seluruh anak-anak Indonesia untuk berprestasi dan melestarikan seni dan budaya sebagai jati diri Indonesia.
 
Mendikbud mengajak kepada seluruh guru, kepala sekolah, dan orang tua untuk mendorong anak-anak agar dapat menumbuhkan imajinasi dalam menghasilkan karya seni dan budaya Indonesia. “Porsi pendidikan seni dan budaya di sekolah harus ditambah, dan apresiasi atas karya anak-anak harus diberikan, dengan begitu kita dapat mendorong imajinasi mereka untuk menghasilkan karya dari kreasi anak-anak,” pesan Mendikbud. (Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 728 kali