Karawang Jadi Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional 2015  07 September 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Hari Aksara Internasional (HAI) diperingati setiap tanggal 8 September. Di 2015 ini, puncak peringatan agenda tahunan yang ke-50 tersebut akan berlangsung pada 22-24 Oktober 2015 di Karawang, Jawa Barat. Acara pembukaan akan dipusatkan di Lapangan Karang Pawitan, Karawang.
 
Rangkaian peringatan HAI ke-50 rencananya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat pada 22 Oktober. Sedangkan puncak peringatan akan berlangsung pada 24 Oktober, dan dijadwalkan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, perwakilan UNESCO, Komisi X DPR RI, Eselon I dan II di lingkungan Kemendikbud, Bupati dan Walikota se-Jawa Barat, Kementerian/Lembaga terkait, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi se-Indonesia dan Kepala UPT PAUD dan Dikmas se-Indonesia.
 
Beberapa acara yang akan mengisi rangkaian kegiatan peringatan HAI ke-50 ini adalah pameran HAI dan produk unggulan satuan pendidikan nonformal, pada 22-25 Oktober. Selain itu, akan ada pula unjuk karya tulis warga belajar paska keaksaraan dasar oleh 50.000 orang warga belajar di Kabupaten Karawang. Masih dalam rangkaian acara, juga akan digelar workshop peningkatan mutu layanan TBM untuk pemberdayaan masyarakat. Workshop ini akan mengundang pengelola TBM dan komunitas literasi sebanyak 70 orang.
 
Selain workshop, kegiatan semiloka penguatan kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Kesetaraan (Ditbindiktara) dengan lembaga/organisasi penyelenggara program juga akan digelar. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh 100 orang tutor keaksaraan, TBM, paguyuban Rumpin, ikatan pamong belajar Indonesia, Ikatan Penilik Indonesia, dll.
 
Pada puncak peringatan, Mendikbud akan mencanangkan “Gerakan Masyarakat Membaca” di hadapan warga belajar Paska Keaksaraan Dasar, yang diwakili sebanyak 2.000 orang dari Kabupaten Karawang. Selain itu, Mendikbud juga akan mencanangkan aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas.
 
Sebelum seluruh rangakaian acara digelar, Mendikbud bersama Dirjen PAUD dan Dikmas akan melakukan jumpa pers pada Selasa (15/09/2015). Agar acara ini bisa ikut dinikmati oleh masyarakat luas, penyebaran informasi juga dilakukan lewat talkshow di stasiun TVRI pusat, TVRI lokal Jawa Barat, RRI, dan publikasi di media cetak nasional. (Aline Rogeleonick)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 550 kali