Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional Tanamkan Nilai-nilai Estetika Tinggi  14 September 2015  ← Back

Cipanas, Kemendikbud --- Menghadiri Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional tahun 2015 sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan lomba tersebut sebagai wadah menanamkan nilai-nilai estetika yang tinggi kepada putra dan putri Indonesia.
 
“Saya melihat dalam pelaksanaan lomba cipta seni pelajar ini mengajak para anak-anak Indonesia mengembangkan bakat seni yang sudah tertanam dalam dirinya, ini dapat menjadi wadah dalam menanamkan nilai-nilai estetika kepada mereka,” demikian disampaikan Mendikbud di sela-sela acara mengunjungi lokasi lomba melukis, di Istana Presiden Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (12/09/2015).
 
Dalam kunjungannya ke lokasi lomba, Mendikbud mengapresiasi dan mengagumi hasil karya melukis anak berkebutuhan khusus. Contohnya seperti Reza peserta lomba kelas empat dari Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Sukanegara Cianjur, Jawa Barat. Reza adalah salah satu peserta lomba yang memiliki berkebutuhan khusus tuna daksa dengan bakat seninya, ia mampu memperlihatkan hasil karyanya yang luar biasa.
 
Begitu juga dengan Syahrul siswa kelas lima Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Purnama Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, merupakan salah satu peserta lomba yang memiliki berkebutuhan khusus tuna rungu. “Mereka adalah anak-anak luar biasa dapat menunjukan hasil karya seni lukis yang sangat luar biasa, dan hasilnya pun sangat bagus. Penyaluran bakat seni bagi mereka ini perlu ditingkatkan kembali,” tutur Mendikbud.
 
Melihat hasil karya anak-anak yang mengikuti lomba cipta seni pelajar tingkat nasional ini, Mendikbud optimis bahwa Indonesia tidak akan kekurangan anak-anak yang memiliki talenta yang luar biasa dengan nilai-nilai estetika yang tinggi. Pemerintah, kata Mendikbud, memiliki peran untuk meningkatkan fasilitas, memberikan pemahaman bagi para pelaku pendidikan yaitu guru, kepala sekolah, peserta didik, dan orang tua untuk bersama-sama saling mendukung untuk meningkatkan bakat seni bagi para putra dan putri bangsa. (Seno Hartono)   

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 978 kali