Mendikbud Ajak Seniman dan Budayawan Kembali Ke Sekolah  14 September 2015  ← Back

Cipanas, Mendikbud --- Seorang anak dapat memiliki cita-cita karena pernah melihat atau berinteraksi baik secara langsung ataupun tidak langsung dengan suatu bidang profesi tertentu, sehingga anak tersebut dapat menginspirasi dari profesi tersebut. Dengan dasar pemikiran tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak para seniman dan budayawan untuk kembali ke sekolah untuk dapat bercerita dan menjadi inspirator bagi para peserta didik dalam meraih cita-cita mereka
 
”Saya ingin mengajak kepada para seniman dan budayawan untuk kembali ke sekolah, mengunjungi sekolah yang dahulu pernah diduduki ataupun sekolah lainnya untuk memberikan inspirasi kepada para anak-anak bangsa,” demikian disampaikan Mendikbud kepada beberapa seniman saat mengunjungi lokasi lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional tahun 2015, di Istana Presiden Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (12/09/2015).
 
Para seniman dan budayawan, kata Mendikbud, dapat datang ke sekolah untuk menceritakan pengalamannya selama berkarir, mulai dari merintis karir hingga meraih keberhasilan menjadi orang yang banyak dikenal khalayak. ”Bayangkan kalau seniman dan budayawan datang ke sekolah dan menunjukan karyanya, bukan persoalan teknik yang diajarkan, tetapi inspirasinya yang membekas didalam pikiran dan hati anak-anak,” ujar Mendikbud.
 
Dengan adanya dukungan para seniman dan budayawan datang dan kembali ke sekolah, Mendikbud meyakini bahwa hal tersebut dapat menumbuhkan dan mendorong kemampuan anak-anak dalam berimanjinasi dan meningkatkan nilai-nilai estetika dalam kehidupan anak-anak bangsa. ”Porsi pendidikan seni dan budaya di sekolah harus ditingkatkan, dan apresiasi atas karya seni dan budaya anak-anak harus terus diberikan, agar mereka dapat terus berimajinasi dan berkreasi menghasilkan sebuah karya seni dan budaya Indonesia,” tutur Mendikbud. (Seno Hartono)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 533 kali