Robotic Day 2015 Resmi Dibuka Hari ini   04 September 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Ditandai dengan menarinya robot mini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan membuka secara resmi hari ini Robotic Day ke-7 tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 28 Jakarta. Robotic Day tahun ini mengangkat tema “Energy for the Future”, dan diselenggarakan selama dua hari mulai dari hari Jumat s.d. Sabtu, 4 s.d. 5 September 2015. 

“Penyelenggaraan acara Robotic Day ini sangat penting dilaksanakan. Para siswa dan siswi dapan mengeksplorasi kreativitasnya, menunjukan karyanya dibidang robot. Untuk itu kami apresiasi atas penyelenggaraan Robot Day tahun 2015,” demikian disampaikan Mendikbud dalam sambutannya pada acara pembukaan, di SMA Negeri 28 Jakarta, Jumat (04/09/2015). 

Mendikbud mengatakan pengembangan teknologi sangat penting dalam membantu kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kata Mendikbud, teknologi harus diberikan porsi cukup dalam pendidikan di Indonesia. “Banyak hal yang diberikan untuk membantu kebutuhan manusia dengan adanya teknologi, seperti telepon, lampu, dan sebagainya,” ujar Mendikbud. 

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini dapat memberikan anak-anak kesempatan dan menumbuhkan pemakaian teknologi, rekayasa teknologi dan reka cipta teknologi,” tutur Mendikbud. 

Dalam pengembangan karya pembuatan robot, Mendikbud berpesan, untuk tidak hanya mengembangkan teknologinya saja, tetapi nilai seni dari penggunaan peran dan fungsi robot pun sangat penting untuk dikembangkan. “Kegiatan robotik punya potensi perkembangan ilmiah. Berbagai percobaan untuk menghasilkan karya nyata pun dilewati, sehingga dapat menumbuhkan karakter ilmiah. Namun jangan lupakan nilai-nilai seni dalam mendesain robot sehingga dapat memunculkan karya yang unik dan bernilai seni tinggi,” pesan Mendikbud. 

Peserta yang mengikuti Robotic Day ke-7 tahun 2015 berjumlah 234 orang dari lima provinsi.  Provinsi tersebut adalah Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Timur. Adapun jenis lomba yang diselenggarakan yaitu Maze Solving, Sumo RC dan Auto, Open Category, dan Science Project. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Seno Hartono)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 563 kali