Kemendikbud Terima Piagam Penghargaan Opini WTP atas Laporan Keuangan dari BPK  02 Oktober 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali meraih penghargaan laporan keuangan tahun 2014 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (02/10/2015), atas dasar keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2014 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.
 
“Ini momen yang bagus bagi seluruh jajaran Kemendikbud untuk semakin meningkatkan kinerja menjadi lebih baik,” Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, saat ditemui di kantornya usai menerima penghargaan tersebut, Jumat (02/10/2015).
 
Penghargaan yang telah diterima tersebut, kata Didik, akan ditaruh di masing-masing Satuan Kerja (Satker) Utama Kemendikbud, agar dapat terus meningkatkan kinerja yang baik. “Kemendikbud harus terus mempertahankan opini WTP, oleh sebab itu semangat untuk meningkatkan kinerja dengan tata kelola yang baik menjadi keharusan. Dengan begitu Insya Allah di tahun-tahun mendatang kita akan terus mendapatkan opini ini,” jelas Didik optimis.
 
Dikesempatan berbeda, Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto mengucapkan selamat atas opini WTP yang diraih oleh Kemendikbud. Opini ini, kata Daryanto, diraih atas kerja keras dari masing-masing Satker Utama di Kemendikbud. “Alhamdullilah dengan berbagai liku-liku, Kemendikbud tetap bisa mempertahankan laporan keuangan dengan opini WTP. Ini sungguh luar biasa atas kerja keras rekan-rekan seluruh Satuan Kerja Utama,” tutur Daryanto, saat ditemui di kantornya, Jumat (02/10/2015).
 
Untuk mempertahankan opini tersebut, kata Daryanto, Inspektorat Jenderal (Itjen) memiliki tanggungjawab untuk terus mengawal laporan keuangan dari setiap Satuan Kerja Utama. Jika laporan keuangan di Satker Utama mengalami kendala, ujarnya, maka Itjen berkewajiban melakukan pendampingan agar dapat diperbaiki. “Kalau laporan keuangannya belum oke, maka kita akan kejar untuk memperbaikinya dan dilengkapi. Alhamdullilah bergandeng tanggannya cukup kuat, dan sekarang makin kuat lagi,” ucapnya.
 
Daryanto berharap dengan adanya opini WTP ini, Kemendikbud dapat menciptakan kepemimpinan, dan budaya kerja yang kuat, dan tertib, serta daya serap anggaran dapat terkontrol dengan baik. “laporan keuangan harus betul-betul bisa mencerminkan aktivitas yang mendukung tugas pokok dan fungsi masing-masing Satker. Dengan begitu Insya allah WTP ini akan terus dipertahankan,” pungkas Daryanto. (Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 571 kali