Peneliti Muda Kembali Berlaga di OPSI 2015  02 Oktober 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Agenda tahunan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di 2015 akan digelar di Surabaya, 11-16 Oktober. Peneliti-peneliti muda jenjang SMA akan berlaga dalam ajang kompetisi bergengsi tersebut.
 
Sejak tahun 2008, OPSI diselenggarakan sebagai wadah bagi para peserta didik SMA untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi. Di samping itu kegiatan ini sebagai ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia.
 
Ada dua bidang yang akan dilombakan pada OPSI kali ini, yaitu bidang ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Bidang ilmu pengetahuan alam mencakup empat mata lomba: sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Sedangkan bidang ilmu pengetahuan sosial melingkupi mata lomba ekonomi, sejarah, budaya, psikologi, sosiologi-antropologi, dan administrasi.
 
Peserta yang akan mengikuti OPSI merupakan siswa SMA kelas X atau XI yang mengajukan diri secara perorangan maupun kelompok. Pada penelitian yang dilakukan berkelompok, maksimum dilakukan oleh dua orang yang terdiri dari 1 ketua dan 1 anggota dari sekolah yang sama. Setiap peserta hanya boleh terlibat dalam satu judul penelitian. Setiap kelompok/judul penelitian harus mempunyai guru pembimbing yang sesuai dengan bidang yang diteliti.
 
Pendaftaran untuk mengikuti OPSI telah dibuka sejak awal tahun melalui proses daring di www.opsi.or.id. Peserta mengunggah rencana penelitiannya di laman tersebut sesuai dengan formulir yang tersedia. Pendaftaran tersebut telah ditutup sejak 30 April lalu.
 
Dan di Oktober ini, para finalis yang telah melewati berbagai tahap seleksi akan bertemu di Surabaya, Jawa Timur untuk memamerkan dan mempresentasikan penelitiannya di hadapan para juri. Peserta yang keluar sebagai pemenang dalam olimpiade ini akan mendapatkan pembinaan dari tim olimpiade penelitian tingkat internasional.
 
Mekanisme yang dilakukan untuk menentukan pemenang adalah dengan memilih tim yang layak berdasarkan kriteria kelayakan substansi, representasi, kecocokan topik penelitian dengan karakter lomba, dan kelayakan kemampuan berkomunikasi peneliti. Peserta yang telah terpilih untuk mewakili salah satu lomba penelitian internasional tidak diperkenankan mengikuti lomba internasional lainnya. Penentuan anggota tim melibatkan unsur Pembina Pusat dan Direktorat Pembinaan SMA. Dan seleksi tim dilakukan secara khusus terhadap para finalis OPSI dan lomba penelitian yang bermitra dengan Kemendikbud.
 
Pemenang OPSI dikelompokkan berdasarkan kategori dengan kuota medali yang berbeda. Untuk setiap bidang ilmu yang dilombakan akan tersedia tiga jenis medali dan satu penghargaan khusus. Di bidang ilmu pengetahuan alam, setiap medali (emas, perak, dan perunggu) akan diberikan masing-masing kepada delapan judul penelitian, begitu pula dengan penghargaan khusus. Dan di bidang ilmu pengetahuan sosial, setiap medali akan diberikan kepada masing-masing empat judul penelitian, demikian pula dengan penghargaan khususnya. Selamat berkompetisi! (Aline Rogeleonick)
 

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 743 kali