Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kinerja Kemendikbud Tinggi  09 Oktober 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Salah satu lembaga survei di Indonesia merilis hasil jajak pendapatnya tentang tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah, khususnya kinerja para menteri. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mendapat peringkat kedua sebagai menteri yang dianggap memiliki kinerja paling memuaskan. Hasil itu sekaligus membuktikan bahwa kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai institusi yang dipimpinnya juga memiliki kinerja baik.

Hasil jajak pendapat lembaga survei itu menunjukkan sejumlah menteri dianggap memiliki kinerja paling memuaskan. Tingkat kepuasan publik tertinggi diraih Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan 71,9 persen.

Di urutan berikutnya ada Mendikbud Anies Baswedan (54,2%), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (47,8%), Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (44,4%), Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (37,8%) dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Rizal Ramli (37,3%).

Secara umum tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri sebesar 37,1 persen dan yang tidak puas 46,7 persen. Survei tersebut dilakukan pada 14-22 September 2015 di 34 provinsi dengan jumlah responden 1.200 orang dan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 3 persen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan terus meningkatkan kinerja terutama dalam memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan bagi masyarakat. Tingkat kepuasan publik yang tinggi diharapkan dapat memotivasi kinerja untuk lebih baik lagi. (Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1712 kali