Frankfurt Book Fair 2015, Hasil Kerja Sama Baik Pemerintah dan Industri Kreatif  26 November 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Keikutsertaan Indonesia dalam Frankfurt Book Fair 2015 sebagai Guest of Honour atau Tamu Kehormatan berhasil diselenggarakan dengan sukses. Indonesia mendapatkan banyak pemberitaan yang positif oleh media massa internasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, meski dirinya dan banyak masyarakat Indonesia tidak terlibat dalam proses pengkaryaan, gaung Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015 juga dirasakan di tanah air.
 
“Indonesia bukan hanya berhasil meraih yang diharapkan, tetapi berhasil melampaui yang diharapkan,” ujarnya saat acara syukuran dan ramah tamah dengan Komite Nasional Indonesia untuk Frankfurt Book Fair (FBF) 2015, di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Rabu malam (25/11/2015).
 
Mendikbud mengatakan, dalam penyelenggaraan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan FBF 2015, telah terjadi kerja sama yang baik antara pemerintah (Kemendikbud) dengan pelaku di dunia industri kreatif.
 
“Ini pola operasi yang ingin kita teruskan. Dua tahun lagi kita akan menjadi guest country di Festival Europalia. Pengalaman ini mudah-mudahan bisa menjadi modal. Banyak hal yang masih perlu kita kerjakan bersama-sama,” kata Mendikbud.
 
Ketua Komite Nasional Indonesia untuk Frankfurt Book Fair 2015, Goenawan Mohamad juga memberikan apresiasi kepada Kemendikbud karena telah memberikan kepercayaan penuh kepada komite untuk bekerja dalam Program Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. “Ada trust (kepercayaan) yang besar kepada kita (komite). Ini salah satu tanda bagian dari demokrasi yang sedang kita jalani,” katanya.
 
Dalam acara syukuran dan ramah tamah itu juga dilakukan serah-terima cinderamata dari Komite Nasional kepada Mendikbud berupa beberapa buah pigura besar yang menampilkan foto Mendikbud saat berada di Frankfurt, Jerman, dengan latar belakang iklan Indonesia sebagai Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015. Mendikbud mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komite Nasional dan seluruh pihak yang telah membuat nama Indonesia besar dalam FBF 2015.
 
 
“Ini sebuah peristiwa yang historik, bersejarah. Bekasnya akan ada sampai dua dekade ke depan. Setelah kita mensyukuri ini, let’s tell the world, how big we are,” tuturnya. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 734 kali