Kemendikbud Tumbuhkan Karakter Melalui Kawah Kepemimpinan Pelajar  18 November 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan membuka program baru bernama Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) di Istana Merdeka, Rabu (18/11/2015). Mendikbud mengatakan, program KKP ini sejalan dengan nawacita pemerintah dalam pembentukan revolusi karakter bangsa.

“Ini merupakan ikhtiar kami, menterjemahkan agenda prioritas pembangunan yang tercantum dalam nawacita kedelapan, terkait revolusi karakter bangsa  yang mengedepankan aspek kepemimpinan dan kebangsaan”, tutur Mendikbud saat memberikan sambutannya.

https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

Program KKP dimulai tahun 2015 dengan diikuti oleh 1.175 peserta. Mereka adalah siswa dan siswi SMP, SMA dan SMK yang memiliki prestasi dan aktif di bidang ekstrakurikuler serta pelajar pendidikan khusus dan layanan khusus dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Mendikbud berharap, program ini bisa memunculkan bibit-bibit pemimpin di masa yang akan datang. “Kita semua berharap dunia pendidikan bukan saja menghasilkan anak-anak yang berprestasi di dalam ruang kelas tetapi memunculkan anak-anak yang bisa menjadi memimpin dan bisa menjadi orang yang mendorong kemajuan di lingkungannya”, ungkap Mendikbud.

Mendikbud menambahkan bahwa dalam memajukan dunia pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak hanya fokus pada pengembangan intrakurikuler tetapi juga ekstrakurikuler dan nonkurikuler.  “Keberhasilan sebuah sekolah, keberhasilan siswa, bukan saja dilihat dari keberhasilan intrakurikuler tetapi juga keberhasilan-keberhasilan di bidang ekstrakurikuler”, katanya.

Program ini akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 18 November - 22 November 2015. Selama kegiatan berlangsung, peserta akan diberikan berbagai materi yang akan dibawakan oleh para nara sumber muda yang kompeten di bidangnya. Misalnya, bidang kewirausahaan dipandu oleh Dian Pelangi, bidang komunikasi dipandu oleh Najwa Shihab, bidang media sosial oleh Raditya Dika dan bidang kewirausahaan berbasis IT dipandu oleh Nadiem Makarim, pendiri Gojek. Selain itu, ada juga materi anti korupsi dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan materi anti-narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN). (Dennis Sugianto)

 


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 587 kali