Nilai Uji Kompetensi Guru PAUD di Sulsel Lebih Tinggi dari Guru Dikdas  27 November 2015  ← Back

Makassar, Kemendikbud --- Penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 akan berakhir pada hari ini, 27 November 2015. Di Provinsi Sulawesi Selatan, ada fakta menarik seputar hasil uji kompetensi para guru di provinsi itu. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Salam Soba mengatakan, hasil uji kompetensi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sulsel, lebih baik dibandingkan dengan hasil UKG para guru pendidikan dasar (SD dan SMP).
 
“Itu nilai UKG guru PAUD rata-rata 70, sedangkan nilai rata-rata guru SD dan SMP malah dapat 40-an,” ujarnya saat acara dialog Kemendikbud dengan lembaga atau organisasi masyarakat (ormas) di Makassar, Sulawesi Selatan, (26/11/2015).
 
Salam mengungkapkan, salah satu faktor adanya kesenjangan perbedaan hasil UKG tersebut karena para guru PAUD di Sulsel banyak yang berusia muda, sehingga lebih kreatif dan tanggap terhadap penggunaan komputer. “Sedangkan guru SD/SMP di Sulsel tergolong kurang motivasi untuk mengikuti pelatihan dan UKG itu sendiri,” katanya. Ia mengatakan, peserta UKG di Makassar sebanyak 115.000 orang, dari total 145.000 guru yang tersebar di seluruh provinsi Sulsel. 
 
Sementara Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud E. Nurzaman mengungkapkan, nilai UKG dari masing-masing guru dapat menggambarkan dua kemampuan guru, yaitu kemampuan pedagogik, dan profesional. “Kategorinya itu bisa saja nilainya 80 belum tentu bagus dua-duanya, bisa saja pedagoginya bagus 80, sedangkan kemampuan profesionalnya kurang,” jelasnya.
 
Nurzaman mengungkapkan hasil UKG akan diformulasikan untuk analisis kebutuhan diklat. Misalnya seberapa tinggi atau rendah penguasaan kompetensi seorang guru sehingga ada pemetaan. Kemudian, peta kemampuan tadi dianalisis untuk dijadikan sebagai dasar dalam program peningkatan kemampuan guru.
 
UKG merupakan alat pemetaan bagi kompetensi guru. Sebanyak 2.949.122 guru mengikuti UKG 2015, dari total sejumlah 3.015.315 guru dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini s.d. Sekolah Menengah Kejuruan. Naskah soal yang diujikan sebanyak 200 paket soal dengan 200 mata pelajaran. Pelaksanaanya, guru mengerjakan satu mata pelajaran sesuai dengan sertifikat profesinya atau mata pelajaran yang diampunya, dengan mengerjakan sebanyak 60-120 soal selama 120 menit. (Gloria Gracia/Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1310 kali