Pelantikan 57 Pejabat Eselon 3 dan 4 Kemendikbud Hasil Proses Terbuka  17 November 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan melantik 57 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ke-57 pejabat tersebut terdiri dari 18 pejabat eselon III-a dan 39 pejabat eselon IV-a. Mendikbud mengatakan, pelantikan ini melanjutkan penataan pegawai di lingkungan Kemendikbud. Dengan pelantikan ini, praktis semua posisi di lingkungan Kemendikbud pusat telah terisi, kecuali Direktur Sejarah dan pelantikan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman.
 
“Agenda tersisa tinggal penataan di lingkungan UPT (unit pelaksana teknis) Kemendikbud yang melingkupi lebih dari 500 posisi eselon III dan IV,” katanya saat acara pelantikan di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Selasa pagi (17/11/2015).
 
Ia mengatakan, pengembangan penataan pegawai di lingkungan Kemendikbud menggunakan praktik yang berdasarkan meritokrasi dan alat ukur modern. Dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN), seleksi pejabat eselon I dan II diwajibkan menggunakan proses terbuka. Tetapi di Kemendikbud, proses terbuka seleksi pejabat digunakan untuk semua eselon. Proses penataan pegawai juga menggunakan prinsip-prinsip kebaruan.
 
“Dulu kita tahu pejabat yang akan dilantik beberapa saat sebelum pelantikan, sekarang kita tahu prosesnya, termasuk juga dari jadwal tes, jadwal pendaftaran, dan lain sebagainya”, ujar Mendikbud.
 
Ia juga meminta semua pejabat bisa membawa kebaruan dalam menjalankan amanat, dan berharap agar roda organisasi bisa berjalan dengan kecepatan tinggi. Sedangkan dalam menjalankan program dan kegiatan tahun 2016, para pejabat harus memastikan bahwa program dan kegiatan tersebut sudah sesuai dengan undang-undang dan Nawacita.
 
“Peningkatan akses dan keberpihakan pada masyarakat kurang mampu serta masyarakat di daerah terdepan dan terluar harus menjadi program prioritas pemerintah sehingga mereka mendapatkan layanan yang sama dengan masyarakat yang ada di perkotaan”, tutur Mendikbud.
 
Kemudian dalam rangka peningkatan layanan, Mendikbud juga meminta para pejabat untuk meningkatkan kapastitas SDM dan menjadikan tata kelola dan akuntabilitas yang baik sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. “Saya ucapkan selamat kepada yang dilantik dan selamat menjalankan tugas”, ujar Mendikbud menutup sambutannya. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 375 kali