Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) Bertema Kearifan Lokal  11 Desember 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) berlangsung di Jakarta pada 9 s.d. 12 Desember 2015. Sebanyak 100 siswa SMP dan SMA dari berbagai provinsi menjadi peserta ARKI sebagai finalis yang telah lolos tahap seleksi nasional. Merkea berkompetisi membuat karya berupa cerita pendek, syair atau komik mengangkat kearifan lokal dengan tema “Warnai Indonesiamu”.

Para peserta ARKI 2015 terdiri dari 50 siswa untuk bidang cerpen, 15 siswa untuk bidang komik, dan 35 siswa untuk bidang syair. Sebanyak 12 orang menjadi juara 1, 2, 3 dan Harapan 1 untuk tiga kategori, yaitu cerpen, syair dan komik.

Seluruh karya finalis ARKI diseleksi dan dinilai oleh para juri profesional yang terdiri dari para akademisi dan seniman/praktisi di bidangnya. Selain berlomba, ARKI juga diisi dengan workshop dan pelatihan untuk memberikan pengalaman dan wawasan lebih luas kepada para finalis tentang penciptaan dan kreativitas bermutu di bidang syair, cerpen, dan komik.

Elsina Puspitaningrum Salakay dari SMAN 1 Jayapura, Papua, menjadi juara 1 untuk kategori cerita pendek (cerpen). Dalam cerpennya, ia bercerita tentang budaya cendrawasih yang terancam punah. Ia terinspirasi dengan kenyataan bahwa banyak misionaris yang datang ke Papua untuk melestarikan cendrawasih. “Misionaris yang datang ke Papua memberikan hidupnya sepenuhnya untuk cendrawasih, sedangkan orang-orang sana (Papua) menggunakan cendrawasih hanya untuk kesenangan semata,” tutur Elsina usai pengumuman ARKI 2015 di Graha Utama Kemendikbud, Jakarta, (11/12/2015).

Elsina dan 11 pemenang ARKI 2015 mendapat hadiah berupa medali, uang pembinaan dan buku yang ditandatangani Mendikbud Anies Baswedan berjudul “Merajut Tenun Kebangsaan”. Berikut nama-nama pemenang ARKI 2015:

Kategori Cipta Cerita Pendek:

1.      Elsina Puspitaningrum Salakay dari SMAN 1 Jayapura, Papua

2.      Ainul Mardhiyah dari MA KMI Diniyyah Puteri, Sumatera Barat

3.      Intan Nurhaliza dari SMPN 1 Cibinong, Jawa Barat

Harapan 1 : Afifah Khairunnisa dari SMP IT Ar-Rahmah Makassar, Sulawesi Selatan

Kategori Cipta Syair:

1.      Masagus Haidri Tamimi dari SMAN 3 Palembang, Sumatera Selatan

2.      Muhammad Rifai Hasbi dari SMPN 3 Polewali, Sulawesi Barat

3.      Hanifah Baihaqi dari SMPN 12 Batam Kota, Kepulauan Riau

Harapan 1 : Erika Florentina Sinulingga dari SMA Kalam Kudus Medan, Sumatera Utara

Kategori Cipta Komik:

1.      Rahma Yulia Astuti dari SMAN 1 Pemali, Kepulauan Bangka Belitung

2.      Nakeia Menur Rikytabina dri SMP Insan Cendekia Madani, Banten

3.      Malella Widyaiswara dari SMPN 5 Cilegon, Banten

Harapan 1 : Fauziyah Nada Rianto dari SMA IT Iqra’, Bengkulu

(Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 1271 kali