Laman Sahabat Keluarga Diluncurkan  28 Desember 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Laman Sahabat Keluarga, dengan alamat http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id resmi diluncurkan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meluncurkan laman tersebut di kantor Kemendikbud Jakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Selasa (22/12). Laman Sahabat Keluarga tersebut dikelola Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat.
 
Laman Sahabat Keluarga memiliki fitur antara lain dongeng, lagu wajib, lagu daerah, profil keluarga hebat, dan profil sekolah-sekolah inspiratif. Selain itu laman tersebut juga menyediakan forum diskusi bagi masyarakat untuk berdiskusi tentang pendidikan anak di keluarga. Mendikbud Anies Baswedan dalam kesempatan tersebut mengajak para ayah untuk datang ke sekolah. "Luangkan waktu sejenak dampingi putra atau putri Anda dalam kegiatan di sekolah," ajak Anies.
 
Selama ini, menurut Menteri Anies, hanya para ibu yang lebih banyak datang untuk mengambil rapor anak atau kegiatan lainnya di sekolah, sedangkan para ayah jarang terlibat. Anies menggarisbawahi pentingnya peran ibu, namun para ayah perlu lebih terlibat dalam pendidikan anak-anak. "Sebagai orang tua, ayah maupun ibu merupakan pendidik yang utama dan pertama bagi anak-anak," ujar Anies menambahkan.
 
Keterlibatan ayah dalam kegiatan di sekolah dapat dilakukan dengan beragam cara, antara lain mengantar anak pada hari pertama sekolah, mengambil rapor anak, dan aktif dalam kepanitiaan kegiatan di sekolah. Bahkan, para ayah juga dapat menjadi narasumber di sekolah anak-anak mereka.  Para ayah dapat menceritakan profesi dan pengalaman mereka di hadapan anak dan teman-teman anaknya di sekolah. "Hal ini tentu dapat menginspirasi sekaligus membuka wawasan anak tentang dunia kerja atau dunia usaha," kata mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.
 
Peluncuran laman tersebut juga dimeriahkan dengan bincang-bincang yang menghadirkan narasumber Nafisah Ahmad, ibu 12 anak yang 10 diantaranya menjadi dokter serta Najelaa Shihab, Pendiri Sekolah Cikal. Najelaa menuturkan peran ayah maupun ibu dalam pengasuhan dan pendidikan anak-anak mampu meningkatkan prestasi anak. Keterlibatan ayah di sekolah juga dapat membangun suka cita dan kebanggaan tersendiri bagi anak-anak, kata Najelaa. 

Sumber : Nur Widiyanto/Yohan Rubiyantoro

 


Penulis : admin_portal
Editor :
Dilihat 26574 kali