Mendikbud Lantik Dirjen Kebudayaan, Kepala Pusat Perfilman dan Kepala Badan Bahasa  31 Desember 2015  ← Back

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Anies Baswedan, Kamis(31/12) pagi melantik 4 pejabat Eselon I dan Eselon II di Plaza Insan Berprestasi Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senayan, Jakarta.
 
Para pejabat  yang dilantik adalah Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Ph.D, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, Staf Ahli Mendikbud bidang Pembangunan Karakter Dr. Arie Budhiman, MSi. Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Dr. Maman Wijaya.
 
Pejabat Eselon I dan Eselon II ini dilantik setalah melalui proses seleksi terbuka dengan seleksi melalui Panitia Seleksi. Ketua dan anggota Panitia Seleksi antara lain mantan pimpinan KPK Erry Riana Harjapamekas, Henny Supolo, Rozan Anwar, Prof. Zaki Baridwan dan Prof. Dr. Ainun Naim untuk Dirjen Kebudayaan, Kepala Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Staf Ahli. Sementara Panitia Seleksi untuk Kepala Pusat Pengembangan Perfilman adalah Niniek L. Karim, Slamet Rahardjo, Philips J. Vermonte, Meike Malaon, dan Panel Ahli yang mereview kompetensi teknis, yaitu Marseli, Kemala Atmojo, Seno Gumira Ajidarma.
 
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid merupakan Ketua Perkumpulan Praxis sejak tahun 2012, yang meraih gelar Ph.D. bidang Studi Kebudayaan dari National University of Singapore, dan mendapat gelar Sarjana Sejarah Sastra Universitas Indonesia. Hilmar juga adalah pendiri Jaringan Kerja Budaya bersama beberapa seniman, budayawan dan peneliti Jakarta. Selain aktif dalam Inter-Asia Cultural Studies Society, Asian Regional Exchange for new Alternatives (ARENA) serta gerakan kemanusiaan di Indonesia dan Timor Leste.
 
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum. seorang Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Meraih sarjana Pendidikan Bahasa Perancis dari IKIP-Bandung, Magister Humaniora bidang Kebudayaan dan Sastra Perancis dari Universitas Indonesia dan Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia dari Universitas Pendidikan Indonesia.
 
Staf Ahli Mendikbud bidang Pembangunan Karakter Dr. Arie Budhiman, terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang mendapatkan gelar Doktor dari Universitas Padjajaran Bandung.
 
Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Dr. Maman Wijaya jabatan terakhirnya sebagai Widyaiswara Madya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan terakhir beliau mendapatkan gelar Doktor dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
 
Jakarta, 31 Desember 2015
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan Kebudayaan

Sumber :

 


Penulis : kontributor
Editor :
Dilihat 1044 kali