Mendikbud Mengapresiasi Peran Muhammadiyah dalam Pendidikan di Indonesia  18 Januari 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengapresiasi peran serta Muhammadiyah dalam dunia pendidikan di Indonesia. "Apresiasi kepada Muhammadiyah, apa yang dilakukan Muhammadiyah selama ini adalah ihtiar mencerdaskan kehidupan bangsa, bahkan sejak sebelum republik ini berdiri," kata Anies Baswedan dalam pertemuan dengan pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) di kantor Pusat Muhammadiyah Jakarta, Senin (18/1/2016).

Meskipun tugas konstitusional untuk memajukan pendidikan ada di tangan pemerintah, menurut Anies, namun Muhammadiyah telah menunjukkan tanggung jawab moral ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. "Peran serta publik seperti ini sangat diharapkan pemerintah, untuk menciptakan ekosistem pendidikan," kata Mendikbud menambahkan.

Dalam pertemuan tersebut, Mendikbud bersama para pejabat eselon I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta masukan dari pengurus PP Muhammadiyah tentang pendidikan di Indonesia. "Kami ke sini memang belanja masalah, untuk bersama-sama kita carikan solusinya," ujar Anies.

Untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut, sejumlah pertemuan teknis akan dilakukan untuk membahas permasalahan pendidikan. "Setelah pertemuan hari ini, kita akan berdiskusi lebih intensif mencari solusi berbagai masalah pendidikan," kata Mendikbud.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memuji Kemendikbud yang menaruh perhatian besar kepada aspek karakter dan integritas peserta didik di samping aspek kognitif. "Selain itu Muhammadiyah juga komitmen untuk berperan serta dalam membangun pendidikan, terutama di daerah tertinggal," kata Haedar Nashir.
Sumber :

 


Penulis : Nur Widiyanto
Editor :
Dilihat 995 kali