Pengambilan Sumpah Jabatan, Mendikbud Imbau PNS Jaga Kebaruan  28 Januari 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud – Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalani prosesi pengambilan sumpah jabatan, Kamis (28/01/2016) pagi, di Graha Utama Kantor Kemendikbud. Mendikbud Anies Baswedan yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan tiga pesan kepada para PNS yang baru saja diambil sumpahnya.
 
Hal pertama yang ditekankan oleh Mendikbud adalah agar para PNS tetap menjaga kebaruan dalam bekerja. Kebaruan tersebut dapat dilihat dari kebiasaan untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Karena apabila pekerjaan yang telah dikerjakan selama bertahun-tahun jika dilihat dari kacamata yang baru, bisa menghasilkan terobosan-terobosan baru pula. “Kebaruan itu harus dipertahankan,” kata Mendikbud.
 
Yang kedua, selain menjaga kebaruan Mendikbud berpesan agar para PNS melihat apa yang dikerjakannya dengan perspektif jangka panjang. Karena setiap waktu bisa saja terjadi perubahan cara pengaturan aparatur negara di republik ini. Misalnya, demokrasi Indonesia yang sekarang akan berbeda dengan yang terjadi di tahun 2035. Untuk itu, pegawai aparatur sipil negara harus tetap menjaga “kebaruan” untuk menghadapi perubahan tersebut.
 
Dan yang terakhir, kata dia, meritokrasi akan menjadi bahasa birokrasi masa depan. Meritokrasi berarti prestasi dan itu dimulai dari saat ini. “Yang ditawarkan bukan masa lalu, bukan latar belakang, melainkan latar depan,” katanya.
 
Mendikbud berharap, PNS yang telah bersumpah untuk mengabdi kepada negara Indonesia ini harus memastikan apakah dirinya memiliki persyaratan untuk menembus seleksi meritokrasi tersebut. Sebagai abdi negara, PNS harus memiliki pemikiran ‘Apa yang akan Anda berikan? Bukan siapa dan dari mana asalnya.
 
Mendikbud mengingatkan, yang baru saja dilakukan para PNS ini adalah sumpah, bukan sekadar janji atau basa-basi. Untuk itu, Mendikbud berpesan agar para PNS untuk memegang sumpah tersebut. “Insyaa Allah ikhtiar Anda untuk memajukan, ikhtiar Anda untuk berkarir akan berjalan dengan baik,” kata Mendikbud. (Aji Shahwin)
 
 

Sumber :

 


Penulis : aline.rogeleonick
Editor :
Dilihat 1409 kali