Peserta Apresiasi Pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2016  23 Februari 2016  ← Back

Bojongsari Depok, Kemendikbud --- Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016 resmi ditutup Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada pagi ini, Selasa, (23/2/2016), di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Selain ditutup dengan sambutan Mendikbud, acara penutupan RNPK 2016 juga menghadirkan dua peserta yang memberikan kesan dan pesan atau testimoni dan menyatakan kepuasaannya terhadap penyelenggaraan RNPK 2016.

Satu dari kedua peserta RNPK 2016 yang memberikan testimoni di acara penutupan itu adalah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Mojokerto, Novi Rahardjo. Di hadapan Mendikbud dan ratusan peserta RNPK 2016 ia memberikan apresiasi kepada tim teknologi dan informasi Kemendikbud yang telah menyiapkan pendaftaran RNPK 2016 secara daring atau online, juga menciptakan aplikasi pendidikan yang bisa digunakan masyarakat dengan mudah. Novi juga mengapresiasi kehadiran Mendikbud Anies Baswedan yang selalu berada di tengah-tengah peserta, mengikuti semua rangkaian acara bersama-sama.

Testimoni kedua diberikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Ratnawati. Etty mengatakan, ia sudah dua kali mengikuti Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan. Rembuk Nasional tahun ini, katanya, berbeda dengan tahun lalu karena terasa lebih melibatkan peserta.

"Kami dipaksa untuk bicara. Dipaksa aktif di pleno maupun sidang komisi. Dan antusias peserta juga cukup baik," ujarnya. Ia juga memuji pemilihan narasumber dalam pleno, yang dinilainya sangat menarik dan inspiratif. Karena itu ia berharap penyelenggaraan RNPK pada tahun-tahun mendatang akan semakin baik lagi.

Menanggapi kedua testimoni tersebut, Mendikbud mengatakan, interaksi dan diskusi yang berlangsung selama pelaksanaan RNPK 2016 terjadi karena semua pihak memilih untuk berpartisipasi aktif. Ia juga meminta peserta RNPK 2016 dan jajaran Kemendikbud melakukan refleksi atas penyelenggaraan Rembuk Nasional sekaligus memikirkan proyeksi langkah-langkah yang akan dilakukan ke depan untuk menindaklanjuti hasil RNPK 2016. 

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 1105 kali