Ratusan Karya Kertas Srihadi Soedarsono Dipamerkan di Galeri Nasional  12 Februari 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Galeri Nasional kembali membuka ruang pamerannya untuk karya maestro. Kali ini, 450 karya cat air, sketsa, drawing di atas kertas karya Srihadi Soedarsono, seorang pelukis ternama Indonesia dipamerkan di Gedung A Galeri Nasional Indonesia sejak 11-24 Februari 2016. Pameran yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Kamis (11/02/2016) malam, ini mengusung tajuk “70 Tahun Rentang Kembara Roso”.

Ratusan karya medium kertas ini merupakan arsip karya Srihadi Soedarsono yang didokumentasi dari rentang era revolusi (1946) hingga reformasi (2016). Pameran tunggal tersebut dapat dikatakan sebuah pameran retrospektif dimana masyarakat dapat melihat, belajar dan mengamati perkembangan karya Srihadi Soedarsono di atas media kertas.

Mendikbud mengatakan, pameran ini dapat dijadikan sarana komunikasi dan apresiasi. Tanpa meninggalkan identitas ke-Indonesiaan, kata dia, karya ini turut memajukan peradaban bangsa di kancah internasional.

“Karya beliau sungguh memberikan banyak inspirasi, tentang potensi kreatif pelaku seni Indonesia yang diakui dunia saat ini, dan menjadi bagian dari simpul intelektualitas dunia mengenai kemanusiaan yang dituangkan dalam bahasa seni,” katanya.

Kepala Galeri Nasional Tubagus Sukmana mengatakan, Srihadi Soedarsono adalah salah satu mahaguru dan figur teladan dalam dunia senirupa Indonesia. Pameran di Galeri Nasional ini menjadi potret dokumenter yang menunjukkan bahwa Srihadi memang seorang kreator sekaligus pejuang dan dermawan.

“Beliau sangat disiplin dan intens berkarya dalam berbagai gagasan dan medium ekspresinya,” kata pria yang sering dipanggil Andre tersebut.

Pameran yang berlangsung selama 14 hari ini dibuka mulai pukul 10.00-19.00 WIB setiap harinya. Saat dibuka, dilakukan pula peluncuran buku Srihadi Soedarsono yang berjudul “70 Years Journey of Roso” yang ditulis oleh Farida Srihadi dan Rikrik Kusmara. Buku ini akan tersebar di berbagai toko buku besar di Indonesia. Sementara itu, acara bedah buku akan dilaksanakan pada 20 Februari 2016, dengan menghadirkan Jim Supangkat dan Bambang Sugiharto selaku pembicara.

Sumber :

 


Penulis : aline rogeleonick
Editor :
Dilihat 1109 kali