Kelas Inspirasi Sinema Jadi Forum Berbagi antara Sineas dengan Pelajar  29 Maret 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Untuk pertama kalinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Kelas Inspirasi Sinema (KIS) yang berlangsung di 30 sekolah di Jakarta dan Bandung. Kelas Inspirasi Sinema tersebut menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Film Nasional (HFN) 2016. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan Kelas Inspirasi Sineas ini menjadi forum berbagi antara sineas Indonesia dengan para pelajar tentang dunia perfilman atau sinematografi, hingga kunci kesuksesan di dunia profesionalisme.

"Kelas Inspirasi Sinema ini menjadi tempat bagi sineas berbagi pengalaman,
berbagi apa-apa saja yang dibutuhkan untuk berhasil di dunia pascasekolah, tidak hanya di dunia perfilman," ujar Mendikbud saat pembukaan Kelas Inspirasi Sinema di SMKN 57 Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Mendikbud mengatakan, saat ini banyak profesi di masyarakat yang penuh dengan pengetahuan dan pengalaman, namun para profesional itu tidak dapat menceritakan pengalaman dan proses mereka mencapai kesuksesan tersebut kepada generasi muda. "Padahal kalau diceritakan bisa jadi pelajaran yang sangat bermanfaat bagi anak kita," tuturnya.

Karena itu ia berharap Kelas Inspirasi Sinema dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar dan mengambil pengalaman dari para sineas. Para siswa dapat belajar dan menanyakan tentang berbagai hal terkait dunia perfilman atau sinematografi, misalnya hal-hal apa saja yang unik dan menarik dari dunia perfilman, proses pembuatan film, membuat naskah film, dan lain-lain.

"Kelas Inspirasi Sinema harus dimanfaatkan untuk mentransfer akumulasi pengetahuan dan pengalaman menjadi manfaat. Ambil pengalaman dari orang lain untuk mempercepat usia intelektual Anda," pesan Mendikbud kepada ratusan siswa SMKN 57 yang menjadi peserta Kelas Inspirasi Sinema.

Kelas Inspirasi Sinema hadir di dua kota, yaitu Bandung dan Jakarta. Di Bandung, Kelas Inspirasi Sinema diselenggarakan di 10 sekolah pada 23 s.d 24 Maret 2016, sedangkan di Jakarta ada 20 sekolah yang menjadi lokasi Kelas Inspirasi Sinema pada 28 s.d 29 Maret 2016.  Beberapa sineas yang menjadi pembicara di Kelas Inspirasi Sineas antara lain Salman Aristo, George Kamarullah, Lukman Sardi, dan Widyawati.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud Maman Wijaya mengatakan, dalam Kelas Inspirasi Sinema hadir dua atau tiga sineas sebagai pembicara. Kategori pemilihan sineas tersebut dilakukan berdasarkan jam terbang mereka dalam berkarya di dunia perfilman. Kelas Inspirasi Sinema dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi kelas besar yang terdiri dari 200-an siswa, dan kelas kecil yang terdiri dari 20 siswa. Di kelas besar dilakukan pemutaran film dan diskusi bersama sineas yang menjadi pembicara, sedangkan kelas kecil ditujukan untuk siswa yang benar-benar berminat terhadap dunia perfilman. Ke depan, Kelas Inspirasi Sinema akan diperluas ke provinsi lain, dan tidak harus bergandengan dengan peringatan Hari Film Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret.

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 1111 kali