Mendikbud Apresiasi Inisatif Keluarga Pak Raden Bersama-sama Rawat Warisan Budaya  23 Maret 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan beraudiensi dengan keluarga (alm) Pak Raden, tokoh dongeng Indonesia. Dalam audiensi itu keluarga Pak Raden mengajukan inisiatif mereka atas perawatan warisan budaya milik Pak Raden untuk diteruskan perawatannya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mendikbud menyambut baik inisiatif tersebut, apalahi Pak Raden memiliki banyak kontribusi dalam dunia pendidikan dan kebudayaan di Indonesia dalam hal mendongeng.

“Pak Raden menjadi rujukan dan referensi para pendongeng di Indonesia. Dia inspirator. Mendongeng itu memiliki dampang yang luar biasa pada perkembangan kreativitas anak-anak. Suatu kehormatan bagi Kemendikbud diberi kesempatan untuk meneruskan perawatan benda-benda peninggalan Pak Raden,” tutur Mendikbud saat audiensi di Kantor Kemendikbud, Jakarta,  Rabu (23/3/2016).

Mendikbud mengatakan, Kemendikbud mewakili pemerintah Indonesia akan menindaklanjuti permintaan keluarga Pak Raden itu untuk menyimpan, merawat, dan memasyarakatkan warisan budaya dari Pak Raden. Inisiatif keluarga Pak Raden itu disambut positif oleh Mendikbud agar masyarakat juga dapat memberikan perhatian kepada insan-insan kreatif seperti Pak Raden.

Audiensi tersebut dihadiri beberapa anggota keluarga Pak Raden, antara lain kakak kandung Pak Raden, Kartini, dan asisten Pak Raden, Bayu. Kartini mengatakan, keluarga Pak Raden mengajukan permohonan ke Kemendikbud untuk menyimpan dan meneruskan perawatan benda-benda peninggalan Pak Raden semasa hidupnya. “Karena ini punya nilai historis,” katanya. 

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 895 kali